Pendapat Mahasiswa Tentang Bisnis Kekinian (67)
Oleh : Titus Logu ( 2001540835 )
Bisnis yang memiliki peluang besar dalam topic boga di tahun ini adalah repackaging dari jajanan pasar atau snack masa kecil di sekolah menjadi jajanan kantin atau pasar untuk anak muda.
Sudah ada banyak contoh dari praktek repacakaging ini, contohnya telur gulung dan bola ubi. Bola ubi goreng (bolbi) merupakan snack atau jajanan pasar tradisional yang sama sekali tidak ada di daerah tangsel, ketika beberapa entrepreneur mencoba membawa bolbi masuk dengan kemasan baru, ternyata produk sangat laku dan dapat dijual dengan harga Rp. 2000 per bolanya, keuntungan yang didapat sangat besar.
Mengapa pola repackaging ini sangat efektif di pasar malam atau taman jajanan untuk anak muda? Ada beberapa factor yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu:
- Marketing
Para pembuat usaha meurpakan anak muda yang kebanyakan masih kuliah. Generasi milenial merupakan generasi yang mengutamakan teknologi, marketing melalui media sosial media jauh lebih efektif
- Adanya rasa kangen atau ingin tahu
Contohnya, pada telur gulung biasa saat sd jajanan ini adalah salah satu makanan luar sekolah yang dilarang orang tua lalu sekarang dijual kembali ada factor nostalgia saat melihat jajanan ini.
- Target pasar dan repackaging
Para produsen tahu cara mengemas makanan dengan bagus dan cost efficient, lalu packaging modern ini memiliki kemungkinan untunk disebar oleh konsumen melalui sosial media.
Published at :