People Innovation Excellence
 

Pendapat Mahasiswa Tentang Bisnis Kekinian (39)

Oleh : Evan Yudhisita ( 2001540526 )

 

Bisnis Pharmacy atau Apotek akan bagus menurut saya kedepannya karena bisnis ini sangat stabil dan semua orang butuh. Bisnis ini didukung oleh angka pertumbuhan penduduk yang tinggi dan cuaca yang semakin kacau serta makanan – makanan jajanan luar yang mulai bermacam – macam mendukung potensi bisnis ini. Angka pertumbuhan penduduk yang tinggi membuat orang yang memilki kebutuhan akan obat meningkat. Cuaca yang kacau balau dan makanan yang bermacam – macam membuat orang menjadi sakit jika daya tahan tubuh kuran dan akhirnya membutuhkan obat. Bisnis ini juga sangat stabil dan tidak akan termakan dengan jalannya waktu atau trend yang menjadi hambatan akan bisnis ini adalah penyakit yang berkembang. Jika penyakit terus berkembang kita perlu untuk inovasi agar penyakit tersebut dapat disembukan. Perusahaan farmasi lain juga menjadi competitor besar yang ada dan membuat adanya persaingan harga.

Apa bisnis farmasi itu?

Perusahaan farmasi adalah perusahaan bisnis komersial yang fokus dalam meneliti, mengembangkan dan mendistribusikan obat, terutama dalam hal kesehatan. Mereka dapat membuat obat bermerek. Dibagi menjadi 2 jenis yaitu bisnis ke farmasi non pelayanan dan bisnis pelayanan kefarmasian. Bisnis farmasi non pelayanan dan bisnis pelayanan kefarmasian. Bisnis farmasi non pelayanan adalah bisnis yang membuat obat tersebut lalu didistribusikan ke apotek – apotek. Ada pabrik obat (sampai jadi) dan penyedia bahan baku setengah jadi (belum di proses), bisnis farmasi pelayanan adalah pihak penyedia layanan dimana terbagi menjadi apotek – apotek rakyat, toko obat. Jika dapat menguasai proses dari bahan baku sampai distribusi apotek maka akan sangat lancar dan dapat mematok harga jauh dibawah pasaran.

Tantangan bisnis farmasi?

  1. Izin yang banyak mengenai BPOM dan izin untuk obat menjadi tantangan besar yang dihadapi perusahaan farmasi. Karena diperlukan dosis yang pas dan tidak berbahaya (menurut BPOM) agar dapat disetujui oleh BPOM
  2. Pengetahuan tentang obat juga menjadi tantangan palin besar dalam berbisnis farmasi tentu minimnya pengetahuan tentang obat membuat tidak bisa menjalankan usaha farmasi.
  3. Tanggung jawab dalam menjalankan bisnis farmasi. Sangat besar dan sensitive. Karena yang kita produksi adalah obat jika obat tersebut membawa pengaruh hingga menyebabkan kematian bagi pengguna maka dapat membuat obat tersebut ditarik dari peredaran bahkan dapat membuat pabrik ditutup.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close