People Innovation Excellence
 

Pendapat Mahasiswa Tentang Bisnis Kekinian (29)

Oleh : Zoya Jeisa ( 2001565762 )

 

Menurut saya peluang bisnis yang memiliki potensi tinggi dimasa yang akan datang adalh bisnis yang bergerak dibidang internet atau online (e-commerce). Ada banyak bisnis – bisnis yang diterapkan secara online pada zaman sekarang ini di era digital. Ada banyak platform yang tersedia untuk kita membuat bisnis lewat online seperti; instagram, facebook, shopee, tokopedia, dll. Dengan menggunakan platform – platform tersebut, hanya dengan sekali klik kita dapat mendaftarkan email dan langsung menjual produk atau menawarkan jasa kepada konsumen.

Pebisnis bahkan dapat menjalankan usaha bisnisnya tanya harus mengetahui dasar – dasar dalam menjalankan suatu bisnis. Ada banyak orang – orang yang menjalanka usaha bisnisnya tanpa pengetahuan tentang bagaimana mengelola bisnis secara efektif dan efisien.

Dalam beberapa tahun terakhir ada banyak toko – toko retail yang membuka bisanis mereka secara online, baik itu melalui aplikasi maupun website. Bahkan ada beberapa toko retail yang tak mampu bersaing dengan toko – toko online sehingga mereka memutuskan untuk menutup toko offline mereka dan memulai bisnis baru secara online, dengan menjual atau membuka bisnis secara online dapat mempermudah konsumen – konsumen untuk mengakses dan memilih produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut membuat penjual dan konsumen dapat berinteraksi dengan mudah, namun di sisi lain dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan oleh penjual, konsumen menjadi lebih bingung dalam memilih yang terbaik dan yang cocok untuk konsumen tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir banyak perusahaan e-commerce yang berkembang pesat termasuk di Indonesia, bahkan di Indonesia sendiri ada 4 perusahaan yang sudah masuk dalam unicorn. Istilah unicorn berarti dimana value dari perusahaan tersebut sudah mencapai 13 triliun atau lebih. Perusahaan perusahaan tersebut adalah gojek, traveloka, tokopedia, dan bukalapak. Hal tersebut terjadi karena profit yang dihasilkan perusahaan dan suntikan – suntikan dana yang diterima oleh investor.

Oleh sebab itu, bisnis – bisnis yang bergerak dibidang online (e-commerce) memiliki potensi yang tinggi di masa yang akan datang. Karena seiiringnya waktu berjalan ada banyak bisnis yang menggunakan online atau internet untuk menjalankan bisnisnya dengan mudah dan praktis, dimana juga dunia sekarang hampir semua menerapkan secara deigital untuk mempermudah gejala kebutuhan orang – orang.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close