People Innovation Excellence
 

Pendapat Mahasiswa Tentang Bisnis Kekinian (21)

Oleh : Elsa Yosefin Senjaya ( 2001561543 )

 

Peluang bisnis yang menurut saya besar adalah oleh – oleh khas Banyumas, yaitu berupa kue kering yang terbuat dari bahan baku khas Banyumas seperti bahan baku singkong. Kenapa saya memilih bisnis ini? Karena di daerah Banyumas, oleh – oleh khasnya adalah getuk, nopia, dan tempe mendoan. Getuk yang terbuat dari singkong dan gula jawa, rasanya sangat manis, tidak semua orang menyukai. Nopia, seperti bakpia bentuknya dengan berbagai rasa seperti cokelat, bawang merah, durian, itupun belum tentu semua orang suka. Mendoan semua orang suka dan menjadikan ikon makanan khas Banyumas, tetapi jika dibawa sebagai oleh – oleh tidak bisa bertahan lama karena tempe yang dibawa akan busuk sehingga tidak bisa bertahan lama, selain peluang membuat kue kering khas sebagai oleh – oleh Banyumas. Ada ikan yang terkenal di Banyumas, ikan kecil yang banyak diemukan di sungai Serayu Banyumas. Ikan tersebut biasa disebut sebagai ikan lembukan. Ikan ini dapat diolah sebagai makanan khas Banyumas yang dapat dijadikan sebagai oleh – oleh kedua peluang tersebut saya pilih karena tidak semua orang suka terhadap makanan manis. Nopia dan Getuk adalah makanan yang sangat manis rasanya dan tidak semua orang menyukainya. Jadi kue kering yang dibuat dan dijadikan sebagai oleh – oleh khas Banyumas. Kue yang terbuat dari bahan baku singkong yang dapat ditemukan di Banyumas, kue ini dibuat dengan berbagai rasa yang bisa semua orang suka seperti coklat, keju dan stroberi. Kue yang dapat bertahan 1-2 bulan dan tanpa pengawet sehingga dapat dibawa / dijadikan sebagai oleh – oleh khas Banyumas, yang kedua adalah lembutan crispy, dimana ikan lebutan ini digoreng dengan di lumuri sedikit tepung dan digoreng hingga crispy. Ikan lembutan ini dapat dijadikan oleh – oleh khas Banyumas. Dan mengkonsumsi ikan ini dapat dijadikan sebagai lauk tambahan dijadikan dengan nasi putih hangat dan sambal agar lebih nikmat. Lembutan crispy ini dapat bertahan selama 2 bulan di tempat yang kering dan kedap udara. Peluang yang saya dapatkan ini dari kebingungan masyarakat Banyumas atau para wisatawan yang ingin memberikan oleh – oleh khas Banyumas namun belum tentu yang diberikan suka, karena rasa yang tidak cocok dengan lidah masyarakat lain. Tetapi jika ada terobosan baru dalam menghadirkan cita rasa khas Banyumas yang dapat dijadikan sebagai oleh – oleh dan rasa yang dapat diterima masyarakat siapa saja, sehingga dapat menjadikan ikon baru atau ciri khas baru sebagai oleh – oleh khas Banyumas. Sehingga saat ada wisatawan datang ke kota Banyumas dan ingin memberikan sanak saudaranya oleh – oleh dapat memberikan lembutan crispy dan kue kering. Jadi peluang yang menurut saya besar saat ini adalah membuat oleh – oleh khas Banyumas yang dapat diterima oleh masyarakat lain.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close