People Innovation Excellence
 

Pendapat Mahasiswa Tentang Bisnis Kekinian (2)

Oleh : Christian Immanuel ( 2001592694 )

 

Pada era seperti saat sekarang ini, di zaman yang modern, di mana segala sesuatu telah berkemang dengan begitu pesatnya, khususnya dalam bidang teknologi. Selain untuk memudahkan berkomunikasi teknlogi yang ada di zaman ini sangat berguna untuk mengembangkan sebuah bisnis online. Asalkan memiliki perangkat yang terhubung dengan jaringan internet, siapa pun, dimana pun, dan kapan pun bisnis online tersebut dapat untuk dilakukan. Dari bisnis yang berskala kecil, menengah, bahkan sampai yang beromset miliaran rupiah bukanlah sebuah angan – angan belaka atau sebuah mimpi yang mustahil untuk diwujudkan melalui bisnis online tersebut.

Pelaku bisnis online saat ini cenderung meningkat dan menjadi trend karena memang tidak memerlukan modal yang besar. Namun, keuntungan yang didapatkan bisa berlimpah karena akses menyebarkan sebuah produk bisa dilakukan tanpa batas kota, wilayah bahkan Negara sekalipun. Selain keuntungan di atas, dengan menjadi seorang pebisnis akan berdampak pada kemajuan bangsa terutama dari segi perekonomian. Karena menurut penelitian para ahli, bangsa yang maju adalah bangsa yang penduduknya memiliki profesi sebagai pengusaha minimal sebanyak 3%. Di Indonesia sendiri, masih sekitar 1,65% artinya masih sangat jauh dari angka ideal yang diharapkan. Karena itu siapa pun yang sering kali berselancar di dunia maya, jadikanlah hal tersebut sebagai lahan bisnis yang bsa mendatangkan keuntungan. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini juga yang menjadi alasan beberapa perusahaan besar seperti tokopedia, lazada, bukalapak, gojek dan perusahaan startup lain sedang berlomba – lomba untuk menguasai ceruk pasar Indonesia. Oleh sebab itu, bisnis SEO berpeluang saat besar untuk memenangkan perlombaan dalam menguasai ceruk pasar Indonesia bahkan dunia sekali pun.

SEO, kepanjangan dari Search Engineering Optimazation atau Optimasi Mesin Pencarian oleh para pelaku bisnis online saat ini. Prinsip bisnis ini diaplikasikan dalam pengelolaan website dan blog, baik dengan kapasitas yang kecil maupun besar. Pengelolaan sebuah took online pun misalnya, tetap menggunakan prinsip bisnis SEO. Bisnis SEO adalah bisnis yang didasarkan pada pemaksimalan penemuan sebuah website atau blog dengan menggunakan mesin pencari, melalui optimasi ini sebuah website atau took online akan menduduki posisi ranking yang mudah ditemukan di mesin pencari. Halaman ranung yang diharapkan tidak ada pada halaman dua, atau tidak berada dibawah posisi ke sepuluh. Semakin tinggi posisi ranking, maka semakin besar kemungkinan sukses dari bisnis SEO tersebut.

Bisnis SEO adalah bisnis jangka panjang, oleh karena itu tidak bisa dirasakan hasilnya dalam waktu yang singkat. Butuh waktu beberapa tahun untuk bisa menguasai posisi di mesin pencarian “Google” misalnya, itu pun jika memasukan konten – konten yang memenuhi syarat SEO dengan baik. Inti dari bisnis SEO itu sendiri adalah bagaimana mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar, sebab didalam dunia bisnis online, pengunjung adalah uang. Keuntungan berasal dari pengunjung, baik potensi penjualan secara langsung, mau pun nilai daya tawar dari website untuk sebuah iklan. Bisnis SEO erat kaitannya dengan teknik marketing online. Dalam bisnis, kepopuleran sebuah toko atau produk adalah sebuah hal yang penting. Semakin banyak orang yang familiar dengan toko, perusahaan, atau produk, maka akan semakin banyak orang yang tertarik utuk membelinya. Gampangnya, orang hanya akan mempercayai sebuah produk atau sebuah perusahaan hanya jika mereka sudah mengenalnya dengan baik. SEO ini adalah sebuah teknik yang bisa mempopulerkan website anda. Cara kerja SEO ini adalah dengan menempatkan website anda di jajaran teratas daftar pencarian di mesin pencari semacan Google, Yahoo Search, Bing, dan lain sebagainya.

SEO ini adalah sebuah teknik yang akan memaksimalkan sebuah kata kunci atau keyword yang mengandung nama produk yang akan dijual atau nama perusahaannya. Kata kunci ini kemudian akan ditempatkan di dalam artikel sebuah website. Contoh kata kuncinya adalah “Jual Alat Musik Murah”, Jika ada orang yang sedang mencari alat music murah dan melakukan pengetikan kata kunci tersebut, maka orang tersebut akan menemukan website kata di daftar pencarian teratas. Oleh sebab itu, bisnis SEO adalah Bisnis yang sangat berprospek di masa yang akan mendatang.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close