People Innovation Excellence
 

Pendapat Mahasiswa Tentang Bisnis Kekinian (1)

Penangkapan Ikan Salmon di Lautan Indonesia.

Oleh : Alvando ( 2001546523 )

 

Penangkap ikan ini maksudnya adalah menjadi produsen ikan tertentu seperti ikan salmon, bisnis perikanan ini menggunakan modal berupa kapal penangkapan ikan salmon, alat pancing sesuai aturan pemerintah, dan ABK (Anak Buah Kapal), beserta kapten yang akan memandu kemana kapal akan pergi. Ukuran kapal tentu berbeda – beda dan pajaknya pun berbeda. Coontohnya solar subsidi hanya diberikan kepada kapal nelayan dibawah  30GT sedangkan diatas ukuran tersebut maka tidak di izinkan menggunakan solar bersubsidi, kapal – kapal tidak perlu membuat PT jika ukurannya dibawah 300 GT.

Perkiraan penghasilan dari bisnis ini kurang lebih bisa mencapai 1 miliar pertahun tetapi dengan biaya yang tentu tidak kecil juga tergantung ukuran kapal, berapa banyak ABK, dan berapa lama dan berapa jauh rencana si pemilik kapal.

Rata – rata biaya untuk kapal berukuran di bawah 30 GT adalah 500 juta untuk 1 kali perjalanan yang berlangsung biasanya 3-4 bulan dalam masa penangkapan.

Kenapa saya memilih ikan salmon untuk ditangkap?

Karena saya melihat restoran – restoran di Jakarta maupun luar Jakarta sedang menjamur dalam bidang masakan jepang, seperti sashimi, sushi, dan salmon panggang yang disediakan restoran mewah dan masih banyak lagi, tentu harga makanan – makanan yang berhubungan dengan salmon tidak mungkin murah, kebanyakan orang orang yang dating untuk makan usshi atau berbagai macam jenis makanan yang berhubungan dengan salmon pasti tau betapa enaknya masakan ini.

Peluang nya adalah karena Indonesia terkenal dengan berlimpahnya sumberdaya alam salah satunya adalah laut, pengusaha ikan di luar Indonesia pun pernah tertangkap karena mencuri sumber daya alam yang berlimpah ini, menurut saya peluang untuk usaha ikan ini sangat besar apalagi jika bekerja sama dengan perusahaan ekspor impor luar negeri.

Karena fokus kita adalah produksi dan tidak perlu promosi lagi untuk mendapat pelanggan, kita cukup mencari perusahaan ekspor impor yang mau bekerja sama lalu tinggal fokus penangkapan, pesain disini juga menurut saya tidak mati – matian karena yang kita harus tangkap adalah ikan dan tergantung kemampuan tangkapan para ABK, tidak perlu peduli pesaing karena sumber daya alam Indonesia sangatlah berlimpah dan pasti akan mendapatkan hasil tangkapan, banyak sedikitnya suatu tangkapan tentu tidak pasti karena bisnis bersangkutan dengan alam. Kelebihan bisnis ini adalah tenaga kerja relative murah karena tidak perlu pendidikan yang tinggi, pasti akan mendapatkan hasil karena lautan Indonesia yang sangat berlimpah.

Kekurangan bisnis ini adalah surat berlayar relatif sulit kadang – kadang, hasil relative tidak pasti, biaya besar untuk solar, perbekalan, dll.

Dalam bisnis ini penangkapan ikan juga bergantung pada musim – musim tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sudah pasti ada yang rugi dan juga untung tergantung kemampuan masing – masing ABK.

Keberlangsungan bisnis ini bisa sangat lama ataupun selamanya tergantung bagaimana kita menjaga keberlangsungan hidup habitat laut untuk selamanya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close