Pendapat Mahasiswa Tentang Bisnis Kekinian (45)
Bisnis Promotor Music
Oleh : Bernadeth Frederika A ( 2001608540 )
Menurut saya, bisnis promotor yang mengadakan konser music dan mendatangkan artis dalam maupun luar negeri sangat berpeuang besar dan memiliki prospek yang sangat bagus. Di zaman seperti sekarang ini orang – orang lebihmencari pengalaman dan atmosfer yang jarang dirasakan. Puluhan ribu orang rela membeli harga tiket yang tidak murah untuk menyaksikan konser coldplay di tiap Negara yang didatanginya. Bahkan, rela terbang ke Negara tetangga karena konser yang diinginkan tidak diadakan di ngeraranya. Seperti coldplay yang setiap konsernnya selalu bewarna dan dipenuhi kembang api membuat orang banyak yang rela membeli tiketnya untuk merasakan pengalaman yang mungkin tidak akan terulang 2 kali. Memang untuk mendatangkan artis luar memerlukan modal yang tidak murah dan belum bisa dipastikan jika promotor yang mendatangkan akan untung besar, tetapi jika konser tersebut berhasil dan mendatangkan untung yang sangat besar. Seperti ismaya, sebuah promotor konser di Jakarta yang akhirnya berdiversifikasi dengan merambah dunia F&B dengan membuat restaurant dan café yang tersebar di seluruh Indonesia. Di zaman sekarang ini, orang – orang di dunia terhubung dengan social media dan tidak sedikit yang terhubung dalam platform music seperti spotify atau Joox. Dengan ini, semua orang dapat mengakses lagu – lagu dan music secara lebih luas. Tentunya semua orang tidak sedikit yang ingin menyaksikan band favoritnya secara langsung. Bernyanyi bersama ribuan orang, bertieriak saat band favoritnya keluar, mereka momoen tersebut yang tentunya akan menjadi momen yang tidak terlupakan seperti sekarag tidak hanya band atau penyanyi besar dan ternama yang bisa mengadakan konser di Indonesia dan melakukan tur dunia. Bulan lalu ada band electronic PREP yang mengadakan konser di Hard Rock Café Jakarta, ada penyanyi indie asal Norwegia Boy Pablo, dan masih banyak lagi. Itu semua adalah band – band yang cukup terkenal dikalangan penggemarnya tetapi tidak setaraf dengan coldplay, GNR, atau artis lainnya yang setiap konser pasti didatangi ribuan penggemar. Tetapi meskipun begitu konser PREP atau Boy Pablo tetap ramai dan orang rela berdiri berjam – jam untuk menonton konser music mereka. Oleh karena itu saya merasa bisnis promotor atau penggelar acara konser music sangat berpotensi tinggi karena setiap brand atau penyanyi yang bagus pasti memiliki penggemarnya sendiri yang akan meramaikan konser mereka
Published at :