People Innovation Excellence
 

Untung Rugi Memulai Bisnis saat Usia Muda

Oleh: Agung Hari Sasongko, ST, MM

 

 

Sekarang, banyak anak-anak muda yang mulai menggeluti bisnis. Baik itu bisnis yang berasal dari orang tua, maupun mulai menjalankan bisnis. Banyak perguruan tinggi yang juga sudah mulai mensupport untuk meningkatkan minat wirausaha kepada para mahasiswanya.

Pada usia muda ini terutama mahasiswa, masih banyak kebimbangan di diri mereka. Apakah ingin punya usaha sendiri atau bekerja di perusahaan. Hal itu tidak salah, karena semua tujuannya adalah untuk mencapai masa depan mereka. Sekarang kita akan lebih fokus membahas mengenai memulai bisnis saat usia muda. Sekarang sudah mulai banyak anak muda yang mulai menjalankan bisnis. Meskipun bisnisnya masih asal-asalan atau hanya sebagai reseller. Tetapi mampu mengasah jiwa wirausaha dari sejak dini.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa dirasakan saat memulai bisnis sejak saat usia muda. Apa saja keuntungan memulai bisnis saat usia muda, antara lain:

  1. Pengalaman Berharga.
  2. Memperoleh Pendapatan.
  3. Sebagai tantangan yang menarik.
  4. Memiliki wawasan yang lebih luas.
  5. Mengasah Mental.
  6. Memperoleh kepercayaan.
  7. Memperluas jaringan.

Sedangkan kerugian berbisnis di usia dini.

  1. Belum siap Mental.
  2. Sulitnya mendapatkan kepercayaan.
  3. Sulitnya membagi waktu dengan teman-teman.
  4. Modal yang belum terlalu banyak.
  5. Jaringan yang belum terlalu luas.

Akan tetapi jika sudah menjalankan bisnis ini, biasanya kaum muda lebih cepat beradaptasi dengan dunia usaha. memang cukup sulit untuk menjalankan bisnis ini, karena biasanya kaum muda masih suka untuk nongkrong dengan teman-temannya.

Akan tetapi jika sudah melewati masa sulit ini, tentunya kesuksesan yang akan mengikuti mereka. Dimana rekan-rekan mereka kebingungan harus ngapain saat lulus wisuda. Tetapi mereka malah kebingungan, mau melakukan apa lagi supaya bisnis mereka bisa lebih menggurita.

Banyak contoh para anak muda yang sudah mulai memiliki bisnis dan sudah cukup besar serta mereka semua pun masih kuliah di perguruan tinggi, antara lain:

  1. Yasa Singgih.
  2. Valentina

Dan masih banyak lagi mahasiswa yang mulai berani untuk terjun ke dunia bisnis. Jadi siapa takut untuk berbisnis di saat masih muda.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close