People Innovation Excellence
 

Soft Skills Sebagai bagian dari Pekerjaan

Setiap pekerjaan memerlukan keterampilan baik secara individu maupun secara kelompok. Keterampilan ini dapat berupa hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang dari proses pembelajaran seperti ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Sedangkan soft skill adalah keterampilan yang digunakan untuk berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain atau biasa disebut dengan interpersonal skills. Kenapa soft skill harus dikuasai oleh mahasiswa. Sebelumnya mengenal lebih jauh tentang soft skill, sebagai contoh pnerapan hard skill dan soft skill dalam suatu pekerjaan. Seseorang yang bekerja sebagai tenaga pemasaran di perusahaan obat. Tentunya karyawan tersebut harus mengetahui tentang produk tersebut, itu yang disebut dengan hard skill. Sedangkan bagaimana karyawan tersebut akan berhubungan dengan klien baik itu secara komunikasi, negosiasi hingga bekerja secara professional merupakan salah satu bagian dari soft skill.

 

Dari contoh diatas dapat dikatakan bahwa soft skill sangat dibutuhkan dalam melakukan hubungan dengan pihak lain. Sebagai seorang entrepreneur, tentunya soft skill ini sangat dibutuhkan. Karena ini berkaitan erat dengan bagaimana mengembangkan bisnis, berkomunikasi dengan pelanggan, melakukan negosiasi dan masih banyak lagi. Ada beberapa soft skill yang perlu di miliki oleh seorang entrepreneur, yaitu:

  1. Communication Skills : Kemampuan mengelola informasi yang komunikatif sehingga mampu di mengerti oleh pihak lain.
  1. Interpersonal Skills : Keterampilan dalam berhubungan dengan pihak lain.
  1. Problem Solving : Mampu melihat suatu masalah yang terjadi sehingga dapat melakukan analisa untuk memecahkan masalah yang ada
  1. Active Listening : Mau mendengarkan orang lain, karena tidak mudah untuk mendengarkan masalah orang lain dan membantu mengatasi masalah yang ada
  1. Active Learning : Memiliki kesadaran untuk selalu menambah ilmu
  1. Organizational Skills : Kemampuan mengatur organisasi yang ada
  1. Team Player : Mampu bekerjasama dengan orang lain, dengan menghilangkan sifat individu yang kuat
  1. Professionalism : Mampu bekerja secara professional
  1. Flexibility and Adaptability : Kemampuan yang dimiliki untuk beradaptasi dan fleksible terhadap lingkungan pekerjaan.

Dengan adanya soft skills ini, diharapkan para entrepreneur muda terutama para mahasiswa yang sedang menjalankan bisnis mampu bekerja secara lebih professional. Contohnya bisa lebih komunikatif baik antara mereka sebagai pemilik usaha dan karyawan atau antara perusahaan dengan konsumen.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close