People Innovation Excellence
 

MEA Peluang atau Ancaman

Oleh: Agung Hari Sasongko, ST, MM

 

 

Akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar berita tentang MEA. Sebenarnya apa sih MEA itu. MEA itu singkatannya adalah Masyarakat Ekonomi Asean atau pasar bebas ASEAN alias pasar bebas Asia Tenggara, yang akan berlaku akhir tahun 2015. Jadi pada sistem ini mulai dihilangkan bea cukai dan Negara-negara lain bebas masukan barang ke Indonesia.

Masyarakat Ekonomi Asean adalah sebuah integrasi ekonomi Asean dalam menghadapi perdagangan bebas antara Negara-negara Asean. Dimana kerjasama Asean ini mengarah kepada pembentukan komunitas ekonomi Asean sebagai suatu integrasi ekonomi kawasan Asean yang stabil, makmur dan berdaya saing tinggi. Dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya.

Hasil survei litbang kompas, tentang persepsi masyarakat Indonesia tentang pemberlakukan pasar bebas Asean mengungkapkan publik terhadap kesepakatan MEA. Hampir separuh responden yang teraring survey menyatakan MEA lebih merugikan Indonesia.

Pertanyaan dari banyak orang adalah dengan adanya MEA apakah akan memberikan peluang atau ancaman kepada pengusaha di Indonesia, terutama para pengusaha pemula. Kita coba melihat ancaman dan peluang atas MEA ini:

Ancaman dari MEA :

–      Banyaknya barang-barang dari luar negeri yang akan masuk ke Indonesia. Baik itu yang berkualitas rendah hingga ke kualitas tinggi dengan harga yang tentunya akan sangat bersaing. Bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan produk yang sama di Indonesia. Dimana akan menggusur produk-produk tersebut nantinya akan menggusur produk-produk dalam negeri.

–      Banyaknya tenaga kerja yang akan ikut masuk ke Indonesia. Baik itu pekerja professional maupun pekerja non professional. Tentunya ini akan meningkatkan jumlah persainga ketenagakerjaan. Apalagi tenaga kerja asing ini bersedia di bayar lebih murah. Sehingga bisa mempengaruhi peta tenaga kerja di Indonesia. Dimana masih banyak pengangguran di Indonesia. Bisa dibilang, mereka yang tidak memiliki keterampilan akan tersisih.

Peluang dari MEA:

–      Pasar besar yang cukup strategis bisa dimasukin oleh para pengusaha.

–      Sistem reformasi  prosedur dan birokrasi yang akan memberikan kemudahan kepada para pengusaha untuk menjalankan usahanya.

–      Tenaga kerja yang memiliki kemampuan lebih tentunya akan diperhitungkan di ASEAN.

–      Investasi bisa dilakukan di Negara mana saja.

Jadi kenapa takut dengan adanya MEA. Tentuanya dengan adanya MEA kita akan siap bersaing baik dari sisi tenaga kerja, maupun bisnisnya.

 

Refrensi:

http://print.kompas.com/baca/2015/12/01/MEA%2c-Antara-Peluang-dan-Ancaman

http://www.ilmuekonomi.net/2015/12/pengertian-masyarakat-ekonomi-asean-mea-dan-kesiapan-Indonesia-menghadapi-mea-2015.html


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close