People Innovation Excellence
 

Manfaat Belajar Entrepreneur dari yang telah berpengalaman

Oleh: Agung Hari Sasongko ST, MM

 

 

Menjadi seorang entrepreneur itu gampang-gampang susah. Apakah menjadi seorang entrepreneur itu berasal dari bakat atau tidak. Tentu saja jawabannya tidak. Tapi dapat dipelajari. Sekarang hampir semua perguruan tinggi memiliki keperdulian mengenai entrepreneur. Sehingga diadakan matakuliah entrepreneur. Selain dari belajar, dapat juga dengan banyak bertanya kepada mereka-mereka yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia entrepreneur.

Kenapa harus bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman. Karena mereka yang sudah memasuki dunia entrepreneur apalagi sudah lama, tentunya mereka sudah merasakan makan asam garam dalam mendirikan usaha. Apakah mereka selalu sukses dalam mendirikan bisnis. Tetunya jawabannya akan berbeda-beda. Tergantung kemampuan dan keberuntungan masing-masing. Ada yang sekali mendirikan usaha langsung sukses, ada juga yang jatuh dulu kemudian baru bisa bangkit mendirikan usaha. malah ada juga yang beberapa kali sudah mengalami kegagalan, akan tetapi akhirnya mampu bangkit hingga sekarang.

 

Kenapa kita harus bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman di dalam dunia entrepreneur.

  1. Karena mereka sudah memiliki cukup pengalaman.
  2. Mereka memiliki mimpi yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya.
  3. Mereka mampu mengendalikan sejumlah uang untuk dapat diputar demi kemajuan bisnis mereka.
  4. Mereka memiliki mental yang cukup kuat, karena jika tidak memiliki mental yang kuat. Kalau bisnis gagal, maka mereka akan patah semangat.
  5. Memiliki jaringan yang kuat.

itu adalah beberapa alasan kenapa kita harus bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman. Sedangkan manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Mereka akan memberikan gambaran yang jelas mengenai gimana mendirikan suatu bisnis berdasarkan pengalaman yang sudah mereka rasakan selama ini. Baik dari sisi modal, network hingga gimana saat mereka harus bangkit jika mengalami kejatuhan pada bisnis mereka.
  2. Mampu memberikan motivasi yang kuat kepada para pebisnis yang baru terjun ke dunia bisnis.
  3. Mampu memberikan keyakinan bahwa semua orang bisa berbisnis.
  4. Menjadi contoh nyata dalam dunia bisnis.
  5. Menjadi sosok panutan, sehingga kita seakan-akan ingin meniru keberhasilan mereka.

Jadi jangan takut untuk bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman. Kosongkan pikiran kita dulu saat akan bertanya, sehingga tidak akan terjadi bentrok dua pikiran yang berbeda


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close