People Innovation Excellence
 

KEMAMPUAN NEGOSIASI

Dalam menjalankan pekerjaan atau menjalankan bisnis, sering kita mendengar kata negosiasi. Apa sih yang dimaksud dengan negosiasi. Negosiasi dapat diumpakan dengan sebuah  permainan yang melibatkan dua team atau lebih yang memiliki tujuan untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan dari semua pihak. Sehingga semua pihak berusaha memenangkan negosiasi ini. Oleh karena itu pihak perusahaan harus memiliki tim khusus yang menangani masalah negosiasi ini, biasanya di sebut dengan negosiator. Negosiator ini adalah karyawan atau bagian dari perusahaan yang memiliki keahlian khusus dalam melakukan negosiasi. Kenapa negosiator harus memiliki keahlian khusus. Sebenarnya untuk menjadi seorang negosiator dapat dilakukan oleh semua orang, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatian oleh negosiator sehingga benar-benar teruji kemampuan. Kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang negosiator antara lain:

  • Kecerdasan, seorang negosiator harus memiliki pengetahuan dan pengalaman.
  • Percaya diri, seorang negosiator harus percaya diri ketika melakukan proses negosiasi sehingga tidak grogi saat transaksi dengan calon klien.

  • Penampilan yang baik, seorang negosiator harus memiliki penampilan yang baik, sehingga keliahatan segar di depan calon klien. Dan bisa membawa rasa percaya diri yang baik ketika negosiasi.
  • Memiliki rasa humor, seorang negosiator yang baik tidak boleh terlalu kaku. Sebaiknya bisa dilakukan dengan ditambah humor-humor yang segar, akan tetapi harus tahu kapan waktunya humor kapan harus serius.
  • Pandai bergaul, Seorang negosiator harus mau untuk bergaul dengan semua kalangan. Tidak membeda-bedakan golongan. Dan harus mampu bersikap fleksibel dengan semua golongan.
  • Memiliki toleransi, sifat ini harus dimiliki oleh seorang negosiator ulung. Karena seorang negosiator harus memiliki sifat yang toleran kepada orang lain dan tidak hanya mengandalkan emosi saja.
  • Dapat menahan diri, seorang negosiator harus mampu menahan diri atau menahan emosi. Karena akan berbahaya jika saat negosiasi terbawa suasana dan emosi yang tinggi. Bisa saja negosiasi akan batal dan membawa dampak yang jelek pada perusahaan.

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang negosiator yang tangguh. Tetapi semua dapat di pelajari dan dijalanin. Semakin tinggi jam terbangnya, seorang negosiator akan dapat menemukan trik-trik tertentu untuk melakukan negosiasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close