People Innovation Excellence
 

Karakteristik Seorang Entrepreneur

Oleh: Abdullah Umar, ST, MM

 

Dunia bisnis mengandung banyak unsur ketidakpastian, karena akan berbeda dengan apa yang diinginkan. Faktor inilah yang harus dimiliki oleh para entrepreneur. Apa semua entrepreneur memiliki sifat atau karakter yang sama. Tentunya tidak. Faktor-faktor inilah yang akan mempengaruhi seorang entrepreneurship sejati. Faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengambil Resiko.

Faktor ini sangat penting, karena seorang pebisnis harus mampu untuk mengambil resiko sebesar apapun. Hal ini tentunya akan sangat berkaitan dengan modal yang telah di tanam dalam bisnis tersebut. Seorang pebisnis yang baru biasanya ragu-ragu, apakah berani untuk melakukan usaha atau tidak. Selalu menghitung-hitung untung ruginya. Memang tidak salah melakukan analisa. Tetapi ini yang akan menjadi batu sandungan. Biasanya orang yang sudah salah langkah atau bukan pengambil resiko yang baik, ketika kena masalah atau bangkrut. Mereka akan kapok dan tidak mau melanjutkan untuk membuka bisnis baru lagi. Berbeda dengan orang yang berani ambil resiko, mereka selalu menganggap kegagalan adalah suatu uang sekolah.

  • Berdaya Cipta atau mampu menciptakan Inovasi.

Seorang pebisnis harus mampu melihat peluang yang ada. Misalnya, melihat peluang cuci kiloan, tetapi didaerah tersebut sudah banyak usaha cuci kiloan, inovasi apa yang akan diambil oleh pebisnis ini untuk tetap bisa tetap bertahan di dalam bisnis yang sejenis.

  • Bertanggung Jawab.

Seorang pebisnis harus mampu bertanggungjawab atas semua resiko yang diambil. Bukannya melemparkan tanggung jawab kepada pihak lain bila terjadi kesalahan pada bisnis tersebut. Ini yang sering dialami perusahaan-perusahaan yang baru muncul. Semua tanggung jawab dipikul oleh karyawannya. Padahal sebagai pemilik bisnis, harus mampu memberikan rasa aman kepada karyawannya.

  • Dapat mengetahui apakah keputusan yang di ambil mampu menghasilkan atau tidak.

Disini seorang pebisnis tentunya memiliki kemampuan baik itu secara terlatih atau hanya sekedar insting. Mungkin jarang orang yang memiliki insting yang bagus dalam berbisnis. Tetapi keterampilan atau keahlian seseorang tentunya dapat dipelajari. Sehingga mereka dapat mengetahui apakah keputusan yang diambil sudah sesuai dengan prosedur atau tidak.

Demikianlah beberapa faktor yang diperlukan oleh seorang pebisnis yang handal.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close