People Innovation Excellence
 

Etika Bisnis

Oleh : Agung Hari Sasongko, ST, MM

 

Sering kita mendengar kata Etika bisnis. Apa sih itu? Etika bisnis itu merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan juga dengan masyarakat. Dimana etika bisnis ini dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai-nilai, norma, dan prilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham dan masyarakat. Dimana perusahaan akan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinera unggul dan berkesimabungan yang dijalankan dengan kaidah-kaidah etika yang sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Dewasa ini kalangan bisnis sudah memiliki kesadaran akan pentingnya Etika Bisnis dalam operasi bisnis. Bahkan dalam perkembangannya Etika Bisnis tidak lagi menjadi beban yang terpaksa harus dilaksanakan perusahan melainkan sudah menjadi salah satu strategy pengembangan perusahaan.

Karena tujuan dari perusahaan dalam menjaga etika bisnis agar dapat didefinisikan sebagai upaya untuk
“memaksimumkan kesejahteraan si pemilik dalam rentang waktu jangka panjang melalui aktivitas penjualan barang dan/atau jasa. Contoh nyata akan manfaat etika bisnis sebagai strategy pengembangan perusahaan misalnya Company Social Responsibility dianggap dapat memberikan keuntungan pada perusahaan dalam bentuk profitabilitas, kinerja financial yang lebih kokoh, menurunkan resiko bentrok dengan lingkungan sekitar, meningkatkan reputasi perusahaan, dll. Etika bisnis bagi perusahaan ini,menyangkut kebijakan etis perusahaan berhubungan dengan kesulitan yang bisa timbul (mungkin pernahtimbul dimasa lalu), seperti konflik kepentingan, hubungan dengan pesaing dan pemasok, menerima hadiah,sumbangan dan sebagainya.

Disamping itu dengan adanya etika bisnis ini, perusahaan akan terus berjalan sesuai alur yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan itu sendiri. Dengan adanya etika bisnis ini, diharapkan memberikan manfaat yang cukup baik bagi perusahaan, antara lain:

  1. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan akan lebih terjamin.
  2. Perusahaan akan dianggap sebagai perusahaan yang aman bagi masyarakat.
  3. Mudah untuk melakukan investasi kembali di daerah lain.
  4. Kepercayaan investor sangat baik.
  5. Pihak bank dapat dengan mudah memberikan fasilitas keuangan kepada perusahaan.

Dengan adanya etika bisnis ini, maka perusahaan dapat tumbuh kembang dengan baik.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close