People Innovation Excellence
 

Dalam Berwirausaha lebih penting mana Proses atau Untung cepat

Oleh: Abdullah Umar, ST, MM

 

Sering kita dengar orang mau berbisnis atau berwirausaha karena pengen cepat kaya atau pengen cepet dapat untung. Menggunakan hitung-hitungan diatas kertas dan ternyata untungnya sekian juta dalam satu bulan, kalau tiap bulan naik 10-25 persen maka keuntungannya pasti sekian puluh juta. Tahun pertama bisa buka cabang lagi. Sepertinya enak ya kalau seperti itu. Ini mau bisnis yang nyata atau hanya sekedar mimpi. Bermimpi sih boleh saja. Tapi ya harus realistis. Jangan bermimpi yang tinggi-tinggi nanti kalau jatuh sakit.

Disinilah kita harus memulai sesuatu dengan matang, mulailah dari proses awal. Cari ide yang baik. Kemudian buat bisnis plannya. Setelah semua baik. Evaluasi dan coba konsultasikan dengan yang ahli. Apa bisnis yang akan dijalankan punya prospek yang baik atau tidak. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam proses ini, antara lain:

  1. Lihat Prospek, lakukan market research
  2. Siapkan produk
  3. Buat business plan
  4. Siapkan pendanaan.
  5. Cari lokasi bisnis
  6. Cari tenaga kerja
  7. Siapkan cara penjualan.
  8. Siapkan cara promosi
  9. Siapkan system penggajian
  10. Buat SOP

itu adalah beberapa poin yang diperlukan dalam mempersiapkan suatu bisnis. Memang kelihatannya mudah. Tapi kalau lebih detail lagi masih ada, seperti perijinan baik itu berbadan hukum baik CV atau PT. kemudian Promosi juga sangat penting. Apakah akan melibatkan media massa untuk memperkenalkan produk ke masyarakat atau hanya mempromosikan melalui media social.

Dalam promosi ke masyarakat, tetap dibutuhkan perijinan ke pihak terkait. Misalnya pasang umbul-umbul atau spanduk. Kalau tidak, ketika kita pasang akan segera di buang oleh pihak terkait.

Kok sepertiya buat bisnis itu ribet ya. Memang ribet sih. Tapi kalau sudah jalan tentu kita akan menikmati hasilnya dengan tenang. Karena kerja keras kita adalah menggunakan SOP. Apalagi kalau kita memperkerjakan orang lain yang tentunya akan lebih sulit lagi. Jadi lebih nikmat mana mendahulukan proses tapi untungnya belakangan atau untung duluan baru kemudian bersiap-siap mengurusin hal-hal yang dapat mensupport bisnis kita.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close