People Innovation Excellence
 

Bisnis Online

Oleh: Abdullah Umar, ST, MM

 

Peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan cukup mudah tanpa harus mengeluarkan modal yang besar untuk menjalankan bisnis tersebut. Bisnis yang dijalankan di dunia online merupakan peluang yang sangat tepat saat ini. Apalagi saat ini menurut APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pengguna internet di Indonesia sekitar 88,1 Juta orang dan belanja dari online sebanyak 21 juta orang dan omset transaksi pertahun sekitar 130 Trilyun rupiah. Sungguh nilai yang fantastis. Sehingga ini bisa dijadikan menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa.

Beberapa contoh peluang usaha online yang cukup menguntungkan antara lain:

  1. Jadi Blogger.

Anda suka menulis, kenapa tidak disalurkan menjadi hobi yang menguntungkan. Buat blog dan mulailah menulis apa saja yang bisa jadi trend. Bisa mengenai fashion, kuliner maupun tempat wisata.

Banyak yang sudah sukses dengan blog mereka, antara lain: Diana rikasari, Evita Nuh, Dian Pelangi dan Andra alodita

Mereka semua berkecimpung di fashion. Dan di blog mereka bisa berekspresi mengenai model pakaian yang jadi trend saat ini.

 

 

  1. Buka Online shop.

Ini bisnis yang memang harus diperhatikan, kelihatannya sederhana. Tetapi pengaruhnya sangat besar. Apalagi persaingan di bisnis online shop sangat tinggi.

Yang perlu diperhatikan adalah produk yang akan dijual. Apakah produk itu kita buat sendiri atau kita ambil dari pihak lain atau istilahnya kita jadi seller.

Kalau kita jadi seller, tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena harus melakukan pembelian barang terlebih dahulu, dan dengan resiko jika barang tidak laku maka kita akan mengalami kerugian.

Jika memang tidak memiliki modal yang cukup. Gunakan system dropship. System ini memiliki keunggulan yaitu tidak memerlukan produk terlebih dahulu. Akan tetepi tetap ada kekurangan, harga produk akan sedikit lebih mahal dan keuntungan yang didapat juga sedikit.

  1. Web developer.

Dengan banyaknya bisnis online, tentunya makin banyak dibutuhkan website yang baik. Jika memang memiliki kemampuan dibidang ini. Jadikan ini sebagai kesempatan yang baik. Pendapatannya bisa dari pembuatan website dan perawatan dari website tersebut.

  1. Konsultan Online

Bisnis ini memanfaatkan keahlian yang dimiliki. Karena sifatnya sebagai media konsultasi. Misalnya memberikan konsultasi kepada perusahaan-perusahaan mengenai perpajakan. Tentukan mereka yang memiliki ilmu ini dapatkan menerapkan ilmunya dengan baik.

Bagi mereka yang pencinta fashion, tentunya bisa memberikan konsultasi yang berkaitan dengan pakaian.

  1. Memanfaatkan Sosial Media.

Dengan maraknya social media, tentunya ini bisa menjadikan peluang bisnis buat kita. Bisa saja di media social itu disisipkan bebrabagi produk yang akan di jual.

Demikianlah beberapa peluang bisnis yang bisa dilakukan secara online. Nah bila masih berminat mencari peluang bisnis yang menguntungkan. Lakukan mulai sekarang. Jangan pernah menunda. Jangan pernah bilang tidak bisa. Kalau tidak mencoba kapan bisanya. Kalau gagal, jadikan itu sebagai uang sekolah dan bisa menjadikan lebih baik lagi di masa mendatang. Semoga sukses !

 

Referensi:

  1. Baba Studio (2015). Workshop Internet Marketing. Jakarta
  2. Aunurrofik (2015). Langkah-langkah memulai bisnis online bagi pemula.                                 From http://webhostmu.com/cara-memulai-bisnis-online-bagi-pemula/
  3. Iskandar (2015). Mantan Tukang Ojek Kaya Raya Berkat Bisnis Online. Liputan 6.

From http://tekno.liputan6.com/read/2232568/mantan-tukang-ojek-kaya-raya-berkat-bisnis-online


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close