People Innovation Excellence
 

Wisata Kebun Kopi

Desa wisata Kopi merupakan peluang jenis destinasi yang dapat dikemas dalam paket wisata, selaian wisatawan dapat menikmati udara segar di kebun kopi dan tentu berfoto-foto dikebun kopi dengan pemandangan hutan dan gunung serta tidak ketinggalan  menikmati kopi di udara dingin akan terasa nikmat di bandingkan di tempat dan suana yang lain. Kemudian diskusi dengan petani kopi untuk mengetahui proses mulai penanaman kopi, pemeliharaan dan kapan panen kopi dilaksanakan dan jenis kopi seperti apa yang sudah layak panen merupakan cerita yang sangat menarik untuk didengar dan didiskusikan, terutama bagi dosen  manajemen yang tertarik di bidang entrepreneurship (kewirausahaan), merupakan peluang bisnis yang  menarik untuk bahan diskusi di kelas dengan mahasiswa, bagaimana rantai bisnis kopi, mulai dari komunitas petani, komunitas pedagang, komunitas cafe dan  tentunya bisnis hulunya berupa pabrik kopi, tidak akan selesai semalaman untuk diskusi, apalagi apabila dosennya mengajak mahasiswa langsung ke kebun kopi suasana akan lebih menarik, kenapa ada kopi starbuck mahal tapi laku bagaimana bisnis modelnya, bagaimana desain kemasan untuk segmentasi orangtua tua penikmat kopi atau untuk segmentasi generasi milenial, bagaimana branding kopi habenagen bisa laku sebagai kopi desa, berbagai latarbelakang dosen dan kompetensi mahasiswa sangat menarik didiskusikan sambil minum kopi di hutan pinus pada malam hari sambil mengelilingi api unggun dengan makan bakar jagung, nikmatttttttttt…

Kegiatan program Pengabdian Masyarakat dengan tema Binus Bangun Desa (BBD), yang dikelola oleh Comunity Development (ComDev) Binus University merupakan peluang yang sangat bagus untuk terus dikembangkan dengan unit-unit lainnya seperti Unit Binus Entrepreneurship Center (BEC) selain dengan jurusan. Dosen dan mahasiswa yang belajar kewirausahaan akan lebih teratrik dan menantang diajak bersama –sama dosennya melihat peluang bisnis.

Apapun jenis bisnisnya, permasalahan utama yang kami lihat bagaimana produk tersebut dapat dipasarkan, terutama produk kopi yang semua orang di dunia ini banyak komunitas pencinta kopi. Namun peluang bisnis seperi kebun kopi merupakan peluang yang dapat dikembangkan sehingga menjadi jenis bisnis wisata tersendiri, karena perkebunan Kopi di daerah Bandung Selatan terutama di sekitar lereng Gunung Puntang mempunyai daya tarik tersendiri. Fasiliatas dan infrastruktur jalan sudah bagus, sehingga wisatawan dapat langsung membawa kendaraan mobil ke perbatasan Gunung Puntang.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close