People Innovation Excellence
 

HOMESTAY UNIK PELUANG BISNIS DESA WISATA

Sumber : Dokumentasi IG Hibah Internal

Wisatawan akan tertarik apabila menginap dirumah penduduk dengan fasilitas homestay yang menarik, unik, bersih, dan tentu ada fasiltas utama air bersih. Homestay merupakan peluang bisnis bagi desa wisata, dosen Hotel Manajemen Binus University dapat berkontribusi banyak dalam hal penataan homestay di daerah Gunung Puntang.

Homestay Unik selain berada dilingkungan pegunungan dan kebun Kopi di  lereng gunung puntang juga disekitar rumah penduduk yang berprofesi petani dan pedagang kopi, lengkap sudah wisatawan akan betah berlam-lama berkunjung, dengan menu makanan tradisional bajigur, bakar jagung dan ubi talas serta makanan khas lainnya ikan mas goreng dan bakar ditemani sambal terasi pedas, wuihhh sudah terbayang nikmatttt pisannn hehehe. Ayo ke desa ajak keluarga dan mahasiswa pasti seru.

Suatu hari belajar secara formal akan dikolaborasikan dengan belajar nonformal seperti berkunjung ke desa akan menarik minat mahasiswa dan orangtua untuk menikmati wisata desa sekaligus mendapatkan peluang bisnis untuk mengembangkan kewirausahaan mahasiswa dan dosennya. Spirit Entrepreneurship merupakan salah satu program Binus University dimana “ Lulusan Binus dapat bekerja di Global Company atau menjadi Entrepreneur”.

Kegiatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sudah saatnya dikembangkan kurikulumnya, sehingga kegiatan Proses Pemgajaram, Penelitian dan Penganbdian Masyarakat harus sejalan, sesuai kompetensi dosen dan meningkatkan kolaborasi berbagai jurusan untuk mengembangan sebuah desa yang terdiri dari beberapa Usaha Kecil Menengah(UKM).

Kegiatan pengabdian masyarakat sebaiknya juga melibatkan mahasiswa untuk melihat kondisi di lingkungan, terutama di pedesaan. Banyak peluang usaha yang dapat dikembangkan melalui kerjasama berbagai pihak yaitu pemerintah melalui program dana desa, institusi pendidikan melalui program pengabdian masyarakat, industri untuk link dengan produk-produk UKM.

Salah satu yang kami ikuti dalam Program Pengabdian Masyarakat dengan tema Binus Bangun Desa (BBD) di Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, dimana salah satu jurusan Hotel Manajemen di Binus University membantu masyarakat untuk dapat memanfaatkan rumahnya agar memenuhi syarat untuk menjadi Home Stay, mula dari kebersihan toilet, penataan ruangan, penyajian makanan dan minuman. Hal ini sangat menarik untuk dikembangkan, dimana masyarakat  saat ini belum optimal memanfaatkan lingkungan untuk mendapatkan penghasilan diluar mata pencaharian sehari-hari sebagai petani kopi. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa jurusan Hotel Manajemen yang sudah mendapatkan matakuliah kewirausahaan (entrepreneurship), mereka dapat mempraktekan teorinya dan mengembangan ide bisnisnya melalui kerjasama yang saling menguntungkan, karena mahasiswa yang sudah belajar entrepreneurship sudah diberikan konsep Model Business Canvas, salah satunya blok Key Partner dikembangkan dengan bekerjasama dengan para petani kopi, sekaligus mereka dapat menyajikan kopi hasil  di rumahnya kepada wisatawan yang berkunjung. Dari uraian tersebut banyak sekali peluang bisnis yang dapat dikembangkan melalui alat (tool) Business Model Canvas(BMC).

Sumber : Dokumentasi IG Hibah Internal

 

Sumber : Dokumentasi IG Hibah Internal

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close