Peran Mahasiswa dalam Menegakkan Hak Dan Kewajiban Setiap Warga Negara

Oleh: Mirzha Chaerani | 2602189505  | PPTI 15 |

Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang melekat dalam diri manusia dan warga negara Indonesia. Hak adalah sesuatu yang diperoleh, didapatkan, dan dimiliki oleh seseorang sebagai warga negara. Sedangkan, kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dan dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga negara. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara bersamaan sehingga dapat menciptakan keseimbangan yang melengkapi satu sama lain. Dengan terciptanya keseimbangan tersebut maka dapat tercipta. masyarakat yang adil dan harmonis. Oleh karena itu, setiap warga negara harus melaksanakan hakdan kewajibannya.

Sebagai agen perubahan, mahasiswa memiliki peranan yang penting dalam menegakkan hak dan kewajiban setiap warga negara. Pertama, mahasiswa sebagai pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa berperan dalam memberdayakan masyarakat untuk memberikan pemahaman akan pentingnya menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Pemberdayaan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada warga ataupun menjadi pendamping warga dalam memperjuangkan hak yang dimilikinya.

Kedua, berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi di lingkungan masyarakat. Melalui kegiatan organisasi tersebut, mahasiswa dapat mengetahui isu-isu politik yang mempengaruhi hak dan kewajiban individu masyarakat, menjadi tempat untuk memperjuangkan hak-hak yang tidak dipereoleh, serta dapat menemukan titik terang dari setiap permasalah tersebut. Karena itu, dengan aktifnya mahasiswa dalam berkegiatan organisasi di lingkungan masyarakat merupakan salah satu cara untuk menegakkan hak dan kewajiban setiap warga negara.

Ketiga, melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan. Mahasiswa yang melaksanakan hak dan kewajiban yang sesuai dengan perundang-undangan yang ditetapkan berperan serta dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan setara, yang dimana hal tersebut sesuai dengan prinsip yang diterapkan dalam hak dan kewajiban. Selain itu, kepatuhan terhadapat perundang-undangan menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut memiliki kesadaran akan sosial dan bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Dengan melaksanakan hak dan kewajiban yang sesuai dengan perundang-undangan, mahasiswa dapat berkontribusi dalam membangun masyarakat Indonesia yang adil dan setara serta taat terhadap hukum yang berlaku.

Dari pemaparan di atas, peran mahasiswa sangatlah penting untuk menegakkan hak dan kewajiban setiap warga negara. Peran mahasiswa dapat membawa dampak yang berarti untuk terwujudnya kehidupan bernegara yang adil, harmonis dan setara. Hal tersebut dapat terlaksana melalui pemberdayaan masyarakat, partisipasi aktif dalam kegitan organisasi lingkungan masyarakat serta pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh kaarena itu, keikutsertaan dalam menegakkan hak dan kewajiban dapat membentuk masa depan yang lebih baik bagi seluruh bangsa dan negara.

Referensi:

Mirzha Chaerani