D’Museum App

Discover, Learn, and Inspire with D’MUSEUM

Case Study’s Story

Nama aplikasi: D’Museum App

Slogan: ‘Discover, Learn, and Inspire with D’MUSEUM’

Call to Adventure: Kurangnya informasi tentang event,  sulitnya mencari kontak admin.

Threshold Guardians: Menyediakan informasi yang lengkap mengenai museum dan mempermudah user untuk pergi ke museum.

Helper: orang yang ingin belajar sejarah, sejarawan, peneliti, penggemar sejarah.

Challenges: Menyediakan feature yang memberikan informasi lengkap tentang museum, dapat lebih mudah untuk mengurus persiapan untuk melakukan event di lokasi museum dengan admin museum, dapat menghubungi admin museum dengan mudah, feature AI yang dapat melakukan scan barang koleksi dan mendapatkan informasi terkait barang tersebut,memberikan rekomendasi harga berdasarkan aplikasi penyedia tiket.

Abyss: menyediakan beberapa fitur pelayanan dimana dapat membantu user.

Transformation: Membuat aplikasi dengan feature” terintegrasi dengan bantuan AI, Membuat feature yang easy to use untuk user dan tentunya tampilan yang ramah untuk keluarga.

Penjelasan Aplikasi

D’MUSEUM adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk para pecinta museum. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini tentang museum di berbagai lokasi di Indonesia. Dengan menggunakan D’MUSEUM, pengguna dapat dengan mudah merencanakan kunjungan ke museum, menemukan museum terdekat dengan bantuan peta interaktif, serta mendapatkan informasi detail tentang setiap museum, termasuk jam buka, harga tiket, dan pameran yang sedang berlangsung. Selain itu, D’MUSEUM juga menawarkan pengalaman bermain permainan edukatif yang dirancang khusus untuk membuat kunjungan ke museum menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi dunia museum. Dengan D’MUSEUM, pengguna dapat lebih mudah mengeksplorasi dan menikmati keindahan serta kekayaan budaya yang ditawarkan oleh museum di Indonesia.

Problem, Solution, dan Ide Feature

Berikut adalah problem dan solution untuk mengatasi kendala yang dialami serta ide feature yang dibuat untuk mengatasi hal-hal tersebut:

a.     Problem

  • Sulit dipahami: Informasi yang disampaikan museum bisa jadi terlalu akademis dan sulit dipahami oleh pengunjung awam.
  • Membosankan: Cara pameran yang monoton dan tidak mengikuti perkembangan zaman membuat pengunjung mudah bosan.
  • Kurangnya pengunjung: Minat masyarakat terhadap museum mungkin menurun karena pameran yang statis dan kurang interaktif.

b.    Solution

  • Informasi yang mudah dipahami: Menyederhanakan informasi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pengunjung awam
  • Memberikan event : Menyelenggarakan kegiatan edukatif seperti workshop, talkshow, atau permainan bertema sejarah atau kebudayaan.
  • Pameran interaktif: Menggunakan teknologi dan media interaktif untuk membuat pameran lebih menarik.

c.     Ide Feature

  • Games: Mengembangkan permainan edukatif yang berbasis pada koleksi museum.
  • Memberikan fitur event dimana setiap museum dapat mengiklankan eventnya.

Menggunakan AI untuk menambah informasi dengan cara menscan barcode untuk tiap benda di museum.

User Experience Research: User Persona & Wireframe

Keunikan aplikasi D’MUSEUM

Aplikasi ini memiliki berbagai keunikan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain yang berhubungan dengan museum. Di aplikasi ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang suka bepergian ke museum, namun juga bermanfaat untuk memudahkan pihak-pihak yang ingin melakukan sebuah acara/event di museum tertentu.

Aplikasi ini membantu wisatawan yang ingin berkunjung ke museum untuk dapat melihat lokasi museum, denah museum secara 3D, fitur review yang diberikan oleh beberapa wisatawan yang sudah pernah datang ke museum tersebut, memesan tiket museum melalui aplikasi dan lain-lain. Dengan berbagai fitur yang ada di aplikasi ini, wisatawan/pengunjung dapat memiliki gambaran terlebih dahulu sebelum datang ke muse um tersebut sehingga wisatawan yang datang ke museum tersebut dapat berfokus ke hal-hal yang menarik bagi wisatawan tersebut. Fitur event di aplikasi ini juga membantu para wisatawan untuk mengetahui event apa yang sedang terjadi di beberapa museum yang ada di daerah mereka.

Aplikasi ini selain membantu wisatawan, juga membantu pihak-pihak yang ingin melakukan sebuah acara di museum tertentu. Dengan adanya fitur seperti chat langsung dengan admin dari museum tentu dapat membantu pihak penyelenggara event untuk berkomunikasi dengan pihak museum agar event dapat berjalan. Selain itu, terdapat fitur list event yang membantu wisatawan mengetahui event yang sedang berlangsung yang secara tidak langsung juga bermanfaat bagi pihak penyelenggara karena lebih banyak pengunjung yang dapat meramaikan event yang mereka buat.

==_==_==

KELOMPOK 1:
1. Albert Benedict Juan Boentoro – 2702294105

2. Galvin Giovano Henri Susilo – 2702317582

3. Joy Jeremy Natael Wibowo – 2702331435

4. Joy Louise Alexandra Kurniadi – 2702327186

5. Tasya Aurel Gustika Putri – 2702367712

6. Wendhra – 2702264746

Pembimbing: Nico Yonatan Wicaksana, S.Kom., M.Kom.