Pendidikan bukan hanya tentang belajar di dalam kelas, melainkan juga ikut kegiatan pengembangan diri, volunteer, dan kepanitiaan – SATify App: Your bridge to academic success!
SATify App
Your bridge to academic success!
Study Case’s Story
Nama aplikasi: SATify App
Slogan: ‘Your bridge to academic success!’
Call to Adventure—What was the problem you were initially asked to solve?
- User (Binusian) kesusahan karena pendaftaran comserve dan kegiatan SAT masih manual dan tidak efisien.
- User merasa kurang dalam mendapatkan informasi yang didapatkan dari Whatsapp karena tertimbun pesan lain.
- Seringkali didapatkan pesan tidak dibaca oleh SADC melalui Whatsapp karena pesan tertimbun saat ingin mengajukan kegiatan volunteer secara mandiri.
- User perlu menunggu cukup lama agar Comserve hours dan SAT point terdaftar di aplikasi Binusmaya.
- User tidak mendapat comserv hours dan SAT point dari dari kegiatan yang telah dilakukan.
Threshold Guardians—What did the business want?
- Menambah fitur berita/what’s new mengenai informasi kegiatan poin SAT dan comserv serta mencantumkan jumlah poin SAT dan comserv yang didapat
- Menambahkan fitur tentang list poin SAT dan comserv yang telah didapatkan maupun yang masih diproses.
- Menambahkan fitur history dari kegiatan SAT dan comserv yang telah dilakukan sehingga user dapat melihat kegiatan apa saja yang telah dilakukan dan jumlah poin SAT dan comserv yang didapat.
- Jika ingin mengadakan kegiatan volunteer bisa langsung mengajukan melalui aplikasi dan di verifikasi oleh SADC melalui aplikasi juga.
Helper, Mentor—Who were your users?
- User dari aplikasi SATify adalah Binusian Challenges, Temptations—What did your users want?
- User menginginkan agar aplikasi SATify dapat memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi dan pendaftaran mengenai kegiatan yang ber-benefit poin SAT dan comserv hours
Abyss—What did you consider creating to help them?
- Karena point Student Activity Transcript (SAT) dan Community Service merupakan syarat kelulusan atau wisuda mahasiswa BINUS dengan target tertentu. Namun masih banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam memenuhi point dengan terlambatnya informasi atau tidak terjangkaunya informasi terkait kegiatan COMSERV maupun SAT. Dengan adanya SATify, setiap individu mahasiswa dengan mudah menjangkau informasi terkait kegiatan-kegiatan yang cocok dengan mereka dan dapat tracking activity secara terstruktur.
Transformation—What did the solution look like?
- Solusi yang ditawarkan dari SATify merupakan fitur-fitur yang membantu mahasiswa dalam mencari kegiatan atau tracking activity dengan terintegrasinya sistem aplikasi SATify dengan SADC atau pihak yang terkait. Selain itu, terdapat bantuan Machine Learning dimana sistem akan mengidentifikasi kebutuhan user sehingga dapat merekomendasikan kegiatan berdasarkan jumlah point yang dibutuhkan dan kegiatan apa yang diminati oleh user. User yang point nya jauh dibawah rata-rata akan menjadi prioritas dalam mendapatkan notifikasi kegiatan sehingga meminimalisir adanya ketidakadilan dalam peserta yang ikut kegiatan. Melalui SATify, user juga dapat memasukkan kegiatan secara mandiri melalui feature proposal yang nantinya akan mendapatkan approval dari pihak yang bersangkutan.
Penjelasan Aplikasi Secara Umum
SATify merupakan suatu aplikasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa Universitas Bina Nusantara (BINUS University) dalam melakukan kegiatan dan memanage setiap kegiatan dibawah naungan kampus. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur mulai dari tracking points Student Activity Points (SAT) dan Community Service (Comserv), pendaftaran kegiatan, hingga pengajuan proposal kegiatan.
Problem, Solution, Dan Ide Feature Yang Diajukan
a. Problem
- user kesusahan karena pendaftaran comserve masih manual dan tidak efisien.
- user kurang dalam mendapatkan informasi yang didapatkan dari Whatsapp karena terimbun pesan lain.
- seringkali didapatkan pesan tidak dibaca oleh SADC melalui Whatsapp karena pesan tertimbun saat ingin mengajukan kegiatan volunteer secara mandiri.
- user perlu menunggu waktu yang lama agar point comserv dan SAT terdaftar di binusmaya.
- didapatkan point comserv dan SAT yang tidak terdaftar padahal telah melakukan kegiatan tersebut.
b. Solution
- Menambahkan fitur berita/what’s new mengenai informasi kegaiatan poin SAT dan Comserv serta menyantumkan jumlah SAT/Comserv yang didapat.
- Menambahkan fitur tentang list dari poin SAT/Comserv yang telah didapatkan maupun SAT/Comserv yang masih diproses.
- Menambahkan fitur history dari kegiatan SAT dan Community Service yang telah dilakukan sehingga user dapat melihat kegiatan apa saja yang telah dilakukan dan jumlah poin SAT/Comserv yang didapat.
- Jika ingin mengadakan kegiatan volunteer sendiri bisa langsung mengajukan ke aplikasi dan diverifikasi oleh SADC melalui aplikasi juga
c. Ide Feature
- On going events pada homepage agar user dapat mengetahui update tentang kegiatan SAT dan Community Service.
- Schedule events pada schedule tab agar user mengetahui tanggal kegiatan SAT dan Community Service yang didaftar.
- Registration form, user dapat mengisi form registrasi jika ingin mendaftar kegiatan SAT dan Community Service.
- User dapat mengajukan proposal kegiatan jika ingin mendapatkan SAT Point dan Community Service Hours dari kegiatan yang akan mereka lakukan.
- User dapat melihat jumlah SAT Point dan COMSERV Hours yang telah dikonfirmasi dan yang masih On-progress.
- User dapat melihat history kegiatan SAT dan COMSERV yang telah mereka lakukan.
UX Research:
User Persona
UX Wireframe
Penjelasan keunikan dari aplikasi yang sedang dirancang
SATify memiliki keunikan karena sistemnya yang lebih transparan baik bagi mahasiswa dan pihak universitas. Sistem aplikasi akan terintegrasi dengan aplikasi miliki oleh BINUS Univeristy seperti Binusmaya, sehingga akan lebih mudah bagi user untuk mengakses. Selain itu, terdapat bantuan Machine Learning dimana sistem akan mengidentifikasi kebutuhan user sehingga dapat merekomendasikan kegiatan berdasarkan jumlah point yang dibutuhkan dan kegiatan apa yang diminati oleh user. User yang point nya jauh dibawah rata-rata akan menjadi prioritas dalam mendapatkan notifikasi kegiatan. Melalui SATify user juga dapat memasukkan kegiatan secara mandiri melalui feature proposal yang nantinya akan mendapatkan approval dari pihak yang bersangkutan.
==_==_==
Kelompok: 2
Nama kelompok : SATify
Anggota Kelompok:
- Maulidah Nurul Aini – 2702366086
- Tri Handaka Putra – 2702359181
- Bintang Putra Rola – 2702318156
- Ghazany Chika Putri – 2702380286
- Daniel Andrijanto Purnomo – 2702264765
- Amadea Baariq Avissa – 2702373500
Pembimbing: Nico Yonatan Wicaksana, S.Kom., M.Kom.
Comments :