Wijaya, L., Sari, R. K., Udin, N., Annas, T., & Hartono, H. (2023). Pelatihan Desain Branding Indonesia Next Good Brand Bagi UMKM di Kota Semarang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat4(3), 2174–2178. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5493

Abstract

Branding berfungsi untuk memberikan identitas produk yang mudah dikenal oleh pelanggan. Dalam persaingan UMKM, produk UMKM perlu memiliki identitas yang unik agar senantiasa dapat berkompetisi unggul. Pelatihan branding produk ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh proyek inisiatif 2023 dari Universitas Bina Nusantara Semarang. Pelatihan dillakukan pada bulan Maret 2023, berjalan lancar, dan diikuti oleh 25 pelaku UMKM di kota Semarang. Adapun hasil dari pengabdian ini diharapkan pelaku UMKM dapat menciptakan identitas produk yang dapat melekat di hati pelanggan dan senantiasa berinovasi dalam mengembangkan produk UMKM.

Keywords: Branding Produk, UMKM, Pelatihan baby spa

Source of Fund https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5493/3306