Dunia fotografi digital dewasa ini semakin berkembang pesat, negara negara yang tadi nya selalu menjadi “jagoan” dalam pembuatan lensa dan kamera perlahan tidak hanya di kuasai oleh Jepang dan juga beberapa negara Eropa. Perlahan tapi pasti Tiongkok juga membuat lensa lensa yang cukup menarik di dunia Fotografi, terutama soal harga.

Awal nya lensa Tiongkok hadir dalam bentuk yang masih sederhana, yaitu manual focus. Lensa manual focus made in China ini decade ini mendominasi pasar lensa manual dan murah meriah namun hasilnya cukup bagus, dan rata rata menjadi alternatif murah meriah untuk fotografer dan videographer yang ingin hasil lensa bagus, bukaan besar namun tidak berkeberatan dengan manual focus.

Beberapa tahun belakangan ini, Lensa Tiongkok mulai berkembang ke pasar lensa Autofokus. Karena memang tidak semua orang nyaman menggunakan manual focus, lensa Autofocus dari Tiongkok ini cukup disambut baik di pasar kamera digital. Terdapat beberapa merek terkenal yang sudah menjadi pemain di pasar lensa Autofokus dari Tiongkok ini.

Keunggulan nya jelas di harga yang lebih miring daripada lensa buatan Jepang dan Eropa, tetapi memiliki kualitas yang bisa dibilang bersaing. Dari sisi build quality pun tidak main main, solid dan tidak murahan, meski belum ada yang weathershield. Dari sisi ketajaman, lensa Tiongkok autofocus pun sudah membuktikan memiliki ketajaman yang baik. Kekurangan nya hingga saat ini adalah di sektor Autofokus yang sebetulnya sudah cukup cepat tetapi masih sedikit tertinggal dengan lensa Pabrikan Jepang, tapi hal ini diyakini akan segera di kejar oleh produsen lensa Tiongkok.

Dengan adanya Tiongkok sebagai pemain baru lensa kamera Autofokus untuk banyak merek kamera ini menjadi banyak pilihan untuk konsumen dari berbagai segmen. Lensa Jepang dan Eropa ber harga mahal dan kelas high-end tetap menjadi pilihan terbaik untuk hasil yang maksimal. Tetapi lensa Tiongkok dengan harga murah juga mulai bisa bersaing dengan lensa negara lain yang lebih mahal.