Copywriting adalah proses crafting dalam penulisan, yang luarannya bisa berupa verbal atau kata kata. Sama halnya Designing adalah proses crafting yang luarannya berupa visual.

Dalam proses crafting perlu banyak Teknik dan formulas, berikut beberapa Copywriting Formulas :

  1. Attention (Perhatian):

Menarik perhatian audiens. Gunakan headline atau pembukaan yang mencolok dan menarik. Bisa menggunakan pertanyaan, pernyataan mengejutkan, atau fakta menarik.

Contoh: “Ingin meningkatkan penjualan hingga 50% dalam 30 hari?”

 

  1. Interest (Minat):

Membuat audiens tertarik untuk membaca atau mencoba.

Menceritakan bagaimana produk atau layanan bisa mengatasi masalah yang dihadapi audiens.

Contoh: “Dengan strategi pemasaran terbaru kami, Anda akan belajar cara menarik lebih banyak pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.”

 

  1. Desire (Keinginan):

Membuat audiens menginginkan produk. Highlight keunggulan, manfaat, dan fitur produk yang bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan audiens. Gunakan testimoni, bukti sosial, atau demonstrasi produk.

Contoh: “Banyak bisnis kecil yang telah berhasil meningkatkan penjualan mereka dengan metode kami. Lihat bagaimana mereka melakukannya!” Jangan sampai Pesaing anda tahu cara ini!.

 

  1. Action (Tindakan):

Mendorong audiens untuk mengambil tindakan tertentu. Sertakan call to action (CTA) yang jelas dan tegas. Beri tahu audiens langkah apa yang harus mereka ambil selanjutnya. Berikan batasa waktu agar audiens makin tergerak untuk action.

Contoh: “Daftar sekarang untuk mendapatkan e-book gratis”.