Jumat, 17 November 2023, Binus University @semarang bersama Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) melalui program proyek insiatif bertajuk “INDONESIA NEXT GOOD BRAND” menghadirkan grand launching brand identity dari 15 UMKM terpilih bertempat di Embun Senja Cofee & Eatery Tembalang, Kota Semarang – Indonesia. Acara ini dipandu oleh Bapak Taufiq Annas, S.Sn., M.M. dan Ibu Sitha Nur Afrilia, S.S., M.S. dari pukul 14.30 hingga pukul 17.30wib dengan pembukaan sambutan oleh Bapak Dr. Bambang Dwi Wijanarko, S.Si., M.Kom selaku Deputy Campus Director – Academic, Research & Student Development Binus University @semarang. Tidak hanya itu saja namun proyek inisiatif ini berafiliasi dengan Teman UMKM Indonesia Smartfen, KADIN Kab. Semarang, Komunitas Tangan Di Atas, IBAN (Indonesia Brand Activists), BAZNAS, Tokoh UMKM, Suara Merdeka Network, IMPALA Network dan DISBUDPAR Kota Semarang.

Acara ini adalah sebuah finalisasi dari rangkaian panjang Proyek Inisiatif Prodi Desain Komunikasi Visual Binus University @semarang yang digawangi oleh Bapak Noor Udi (Ung), S.Sn., M.Sn (Kaprodi) beserta tim dosen DKV bersama Komunitas Teman UMKM Smartfren untuk membina 15 UMKM terpilih naik kelas menjadi UMKM yang memiliki “GOODS BRAND”. Adapun program yang diluncurkan bagi UMKM terpilih adalah pembinaan dan penguatan tentang Brand Strategy (strategi bisnis, produksi, positioning, dll), Brand Identity (perancangan desain visual meliputi logo, super Graphic hingga implementasi kemasan, enviromental design dll), Brand Communication (meliputi strategi komunikasi, media, copywriting, content creation), serta Pemanfaatan Teknologi Marketing & Branding yang kesemuanya tentunya dilakukan dengan dukungan penuh oleh Prodi-prodi lainnya di Binus University @semarang seperti Industrial Engineering, Computer Science, dan Information Systems dalam rangka mempersiapkan UMKM yang mampu menghadapi tantangan perkembangan ekonomi digital untuk merebut pasar lokal dan global.

Tidak hannya keempat program tersebut saja, namun Prodi Desain Komunikasi Visual, Binus University @semarang mengangkat sebuah jargon UMKM melalui “INDONESIA NEXT GOOD BRAND” yaitu LOKAL, VOKAL, GLOBAL. Diharapkan UMKM yang terpilih tetap memproduksi sekaligus mempromosikan produk-produk LOKAL dan mampu bersikap VOKAL atau dengan kata lain kritis untuk berani menawarkan produknya hingga kancah GLOBAL. Semangat serta spirit “INDONESIA NEXT GOOD BRAND” perlahan-lahan mulai ditanamkan disetiap Brand UMKM terpilih, Adapun ke 15 Brand UMKM tersebut adalah, Darma Putra, Toyoku, Liya+Nim, lil kof, omahdomba, 99 Tour&Travels, Naa MUA, BS Collection, Bachips, Kedaiku, Ayam Geprek Mas AL, Z Chicken, Kado kita, Roemah Azzahra, dan KAUM. Tidak hanya ke lima belas UMKM terpilih saja acara grand launching brand identity dari 15 UMKM terpilih ini pun, turut mengudang kurang lebih 150 partisipan lintas komunitas, akademisi dan UMKM lainnya di wilayah Kota dan Kabupaten Semarang.

Acara serupa akan terus berlanjut diadakan oleh Prodi Desain Komunikasi Visual, Binus University @semarang di tahun 2024 dengan brand UMKM terpilih lainnya, mari bersiap untuk menjadi UMKM “Indonesia Next Good Brand” yang LOKAL, VOKAL, GLOBAL!!