BINUS UNIVERSITY

    CHARACTER BUILDING: PANCASILA

    ISBN
    :
    978-602-1385-1-9
    Penulis
    :
    Frederikus Fios, Murty Magda Pane, Nikodemus Thomas, Martoredjo, Dalmeri, Alfensius Alwino
    Tahun
    :
    2018
    Dimensi
    :
    17 x 24cm, 199 Halaman
    Harga
    :
    Rp.120.000,-

    “Buku Character Building: Pancasila ini merupakan sebuah buku yang berisikan kumpulan tulisan reflektif tentang nilai-nilai luhur yang terdapat di dalam Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Republik Indonesia. Buku yang terdiri dari 13 topik ini menguraikan tentang nilai-nilai Pancasila dari sila pertama sampai dengan sila kelima secara reflektif kontekstual. Ditulis dalam bahasa yang sederhana dan lugas, buku ini bermaksud memudahkan pembaca untuk memahami dan mencerna kristalisasi nilai yang terdapat di dalam Pancasila.

    Di tengah berbagai krisis berbagai bidang yang sedang menerpa tubuh bangsa ini, khususnya krisis moral dan karakter anak bangsa dalam berbagai bentuk ekspresi variatifnya, buku Character Building: Pancasila ini hadir sebagai inspirasi yang dapat dijadikan referensi aktual untuk menggugah semua elemen bangsa untuk melakukan rethinking, berpikir kembali tentang hakikat jati diri kita orang Indonesia sebagai manusia yang berkarakter religius, menghargai kemanusiaan, toleran pada perbedaan, mengutamakan prinsip musyawarah dalam menyelesaikan masalah dan mengusahakan keadilan sosial dalam hidup bersama kita sebagai bangsa.

    Mungkin selama ini kita tertidur pulas dalam ketaksadaran diri yang palsu, semu dan pura-pura yang berakibat fatal pada tidak berkembangnya jiwa nasionalisme dan patriotisme yang berbasiskan spirit Pancasila. Kebersamaan kita sebagai bangsa ternodai akibat pola pikir picik dan wawas sempit yang menciderai kemanusiaan kita satu sama lain di antara kita. Pada gilirannya menciderai perjalanan kita bersama sebagai bangsa yang seharusnya (das sollen) bersatu berjiwakan nilai-nilai luhur Pancasila. Kita perlu sadar untuk merefleksikan kembali otentisitas kita sebagai bangsa yang menghargai nilai-nilai religius, humanisme, pluralisme, demokrasi dan keadilan sosial sehingga kita dapat hidup bersama dengan damai di bumi Indonesia.

    Buku ini memberikan motivasi, spirit dan inspirasi untuk kita semua orang Indonesia khususnya generasi muda untuk berpikir dan mengaktualisasikan karakter-karakter religius-etis dan positif-produktif untuk kebaikan kita berbasiskan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara yang menjamin eksistensi kita bersama sebagai bangsa di dalam rumah Indonesia.

    Cover Belakang Buku Butir-butir Pancasila

    Buku ini berisi refleksi kritis para penulis secara spekulatif tentang nilai-nilai dasar yang terdapat di dalam Pancasila. Sebuah buku yang memercikkan butir-butir nilai yang mengkristal di dalam Pancasila dari sila pertama sampai dengan sila kelima. Tujuannya untuk memberikan inspirasi bagi para pembaca khususnya generasi muda bangsa untuk membangun karakter diri menjadi pribadi orang Indonesia yang hidup sesuai dengan nilai-nilai dasar di dalam Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia. Buku yang sangat berguna untuk semua elemen bangsa Indonesia baik dunia akademik, maupun dunia praktisi di luar bidang akademik. Intinya, buku ini layak dibaca oleh semua orang Indonesia.

    Isi buku ini antara lain: Pancasila dan Character Building dalam Perspektif Sejarah Bangsa Indonesia, Menjadi Pribadi yang Religius-Spiritual, Membangun Karakter Pancasila Berbasis Agama, Bukan Sekedar Beragama Melainkan Menjadi Religius Berdasarkan Pancasila, Memperbaiki Pemahaman dan Sikap Iklusif Mahasiswa Binus University Melalui Pendidikan Pancasila, Mengapa Kemanusiaan Harus Diperlakukan secara Adil dan Beradab, Interaksi Antarbudaya di Taman Nasional Indonesia, Persepsi Mahasiswa Mengenai Nasionalisme Indonesia, Menggapai Langit Multikulturalisme di Indonesia, Reaktualisasi Pancasila Menuju Spirit Persatuan Indonesia, Pancasila dalam Arsitektur Berkebangsaan dan Berketahanan Indonesia (Peran Corporate Shared Value (CSV) dalam konteks Kebangsaan), Pemimpin Pancasilais Menurut Putri Bung Karno, Kepemimpinan Demokratis yang Pancasilais, Merangkai Butir Mutiara Kepemimpinan dalam Mewujudkan Keadilan Sosial (Sebuah Telaah Nilai-Nilai Demokrasi dalam Perspektif Arthasastra), Diskursus Mengenai Keadilan Sosial, Pembangunan Berkelanjutan sebagai Paradigma Pembangunan Berdasarkan Pancasila.

    Buku yang memotivasi dan menginspirasi kita semua orang Indonesia untuk hidup menurut nilai-nilai dasar Pancasila demi mencapai terwujudnya nasionalisme, patriotisme, kondisi kedamaian, keharmonisan dan toleransi di dalam rumah bangsa Indonesia yang berbhineka tunggal ika ini. Pancasila adalah kita, kita adalah Pancasila.