BINUS UNIVERSITY

    CHARACTER BUILDING: KEWARGANEGARAAN

    ISBN
    :
    978-602-1385-0-2
    Penulis
    :
    Yustinus Sudardi Ruman, Iwan Irawan, Hermawati, Rina Patriana Chairiyani
    Tahun
    :
    2018
    Dimensi
    :
    17 x 24cm, 198 Halaman
    Harga
    :
    Rp.120.000,-

    “Pendidikan Kewarganegaraan merupakan instrument penting bagi pembentukan kepribadian warga Negara yang sesuai dengan karakteristik bangsa dan Negara. Pendidikan kewarganegaraan dalam hal ini dapat dianggap sebagai sebuah pendekatan melalui mana para warga muda bangsa dan Negara mempelajari karateristik bangsa dan negaranya sendiri seperti ideologi, sejarah, tujuan Negara, sistem pemerintahan, karakeristik sosial, budaya, politik, ekonomi dan lain sebagainya. Tanpa pendidikan kewarganegaraan, warga muda bangsa dan Negara, hamper-hampir dapat dikatakan tidak memiliki ruang yang kondusif di mana mereka dapat mempelajarai karakteristik bangsa dan negaranya sendiri.

    Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk warga muda bangsa semakin menjadi tuntutan yang tidak dapat ditunda dan diabaikan urgensinya ditengah kemajuan teknologi transportas dan informasi dewasa ini. Kemajuan dalam bidang teknologi transportasi telah memudahkan orang warga negara dari satu bangsa dan negara tertentu berpindah ke bangsa atau negara tertentu lainnya. Demikian juga dengan kemajuan dalam teknologi informasi telah memudahkan pertukaran nilai-nilai dan informasi antara warga bangsa yang satu dengan warga bangsa yang lainnya.

    Semua gejala tersebut baik langsung maupun tidak langsung mempengaruhi pola-pola relasi antara sesama warga negara dan warga negara dengan negara. Pola-pola relasi tersebut sangat menentukan kualitas integrasi sosial yang berdampak pada integrasi nasional, nasionalisme, wawasan nusantara, kepatuhan terhadap hukum dan lain sebagainya. Sampai di sini, pendidikan karakter kewarganegaraan menjadi sangat penting tidak hanya bagi warga mudah bangsa, tetapi oleh seluruh warga negara.”