Serba-Serbi Permasalahan pada UMKM dan Solusinya

Serba-Serbi Permasalahan pada UMKM dan Solusinya

UMKM, Strategi, Pemasaran

Author(s)

  • Ina Melati, S.E., M.M.

The Managing Department

  • International Marketing

Category

  • Business

Language

Bahasa

Course Description

Materi ini berisi pembahasan-pembahasan terkait permasalahan yang seringkali dihadapi oleh UMKM. Beberapa permasalahan yang seringkali dihadapi oleh UMKM mencakup: sulitnya membangun kesadaran merek untuk merek baru, sulitnya membuat strategi promosi yang tepat, belum adanya formula segmentasi, targeting dan positioning (STP) serta bauran pemasaran yang sesuai dengan produk yang akan dijual, sulitnya menetapkan harga yang sesuai dengan fitur serta kualitas produk yang akan dijual, sulitnya menentukan keunikan produk yang dimiliki serta faktor pembeda dengan pesaing dan juga permasalahan terkait pemilihan saluran distribusi terbaik untuk produk yang akan dijual.

Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, materi ini menawarkan solusi-solusi yang dapat diaplikasikan oleh pemilik UMKM yang menghadapi permasalahan serupa serta tips-tips praktisnya. Beberapa solusi menarik yang bisa didapatkan dari materi yaitu: strategi dalam membangun kesadaran merek, strategi dalam menyusun promosi yang terbaik, strategi pembuatan formula STP dan bauran pemasaran, strategi dalam menentukan harga jual berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing di pasar, strategi identifikasi keunikan produk dan faktor pembeda dengan pesaing serta strategi dalam menentukan saluran distribusi yang tepat.

Keseluruhan materi dijelaskan menggunakan slide yang dapat diselesaikan dalam waktu 1 bulan. Setelah menyelesaikan keseluruhan materi, pihak yang mempelajarinya diharapkan dapat mengidentifikasikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada bisnisnya, kemudian mengaplikasikan solusi yang disarankan, khususnya saran-saran yang berhubungan dengan implementasi promosi pada media digital.

Course Topics

  1. Serba-Serbi UMKM: Permasalahan dan Solusi
  2. Brand Awareness Problem – Bagian 1
  3. Brand Awareness Problem – Bagian 2
  4. Penetapan Harga Sebagai Nilai Produk
  5. Persaingan Pasar
  6. Whatsapp Sebagai Alat Potensial Baru
  7. Proposisi Nilai Unik
  8. Produk dan Informasi Saluran Distribusi
  9. Strategi Reseller
  10. Produk Dengan Keterlibatan Tinggi