Prinsip Dasar Pemasaran

Prinsip Dasar Pemasaran

Fondasi Ilmu Pemasaran, Strategi Pemasaran, Isu-Isu Pemasaran

Author(s)

  • Annetta Gunawan, S.E., M.M.
  • Aryo Bismo, S.E., M.M
  • Rosidah, S.Psi., MBA

The Managing Department

  • Global Business Marketing

Category

  • Business
  • Marketing

Language

Bahasa

Course Description

Pelatihan ini diperuntukkan bagi peserta yang ingin mengembangkan kemampuan dan pengetahuan tentang Marketing Management, yaitu mengenai dasar ilmu pemasaran yang mempelajari cara menciptakan nilai bagi konsumen saat ini dengan cara yang inovatif dan komprehensif, terutama pada era di mana perilaku konsumen sangat dinamis karena yang dipengaruhi oleh perkembangan dunia digital yang sangat pesat.

Mata kuliah ini memungkinkan mahasiswa untuk memahami bagaimana proses pemasaran secara komprehensif yang dilakukan dalam bisnis; bagaimana mengidentifikasi perilaku konsumen yang akan digunakan sebagai dasar dalam menyusun strategi dan taktik pemasaran; bagaimana menyusun strategi pemasaran yang berfokus pada pelanggan yang terdiri dari segmentasi, targeting, dan positioning; dan bagaimana menentukan bauran pemasaran sebagai wujud nyata dari strategi pemasaran yang telah dirancang sebelumnya, khususnya di era digital ini; serta bagaimana implikasi pemasaran dalam pasar global.

Peserta membutuhkan waktu kurang lebih 100 menit untuk dapat mempelajari modul ini. Materi akan disampaikan melalui 10 submodul yang mencakup pembahasan mengenai prinsip dasar Marketing Management, dengan judul-judul sebagai berikut: 1) Introduction to Marketing, 2) The Marketing Environment, 3) Consumer Behaviour, 4) Customer-Driven Marketing Strategy, 5) Products and Services – Definition and Major Classifications, 6) Pricing – Understanding The Customer Value, 7) Marketing Channels – Delivering Customer Value, 8) Communicating Customer Value IMC Strategy, 9) Creating Competitive Advantage, 10) The Global Marketplace.

Course Topics

  1. Pengantar Pemasaran
  2. Lingkungan Pemasaran
  3. Perilaku Konsumen
  4. Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan
  5. Produk dan Jasa – Definisi dan Klasifikasi Utama
  6. Harga – Memahami Nilai Pelanggan
  7. Saluran Pemasaran – Menyampaikan Nilai Pelanggan
  8. Mengkomunikasikan Nilai Pelanggan melalui Strategi IMC
  9. Menciptakan Keunggulan Kompetitif
  10. Pasar Global