Prinsip dan Praktik Pengendalian Kualitas Produk dan Jasa

Prinsip dan Praktik Pengendalian Kualitas Produk dan Jasa

Konsep, Teori, dan Alat-alat Kualitas; Analisa Perhitungan Kualitas dengan Control Chart

Author(s)

  • Hubertus Davy Yulianto, S.T., M.T.
  • Sartika Rini, S.T., M.T.

The Managing Department

  • BINUS Online
  • Education Development
  • Digital Content Development
  • Content & Multimedia BOL
  • Universitas
  • Knowledge System & Learning Product
  • Pembelajaran Jarak Jauh Teknik Industri

Category

  • Engineering

Language

Bahasa

Course Description

Course ini merupakan disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan prinsip dan praktik jaminan dan pengendalian kualitas produk dan layanan. Komponen kunci dari proses rekayasa mutu adalah prasyarat untuk pemantauan dan pengendalian yang berkesinambungan, untuk memastikan pengukuran sasaran mutu yang efektif dan efisien, integrasi angka-angka inti, yang diidentifikasi secara manual (misalnya oleh perkiraan atau tinjauan ahli), dan metrik yang diidentifikasi secara otomatis. (misalnya dengan analisis statistik kode sumber atau uji regresi otomatis) sebagai dasar pengambilan keputusan yang menguntungkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Quality Engineering dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar berhasil menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh peningkatan produktivitas dalam organisasi. Rekayasa Kualitas menuntut mahasiswa untuk dapat memahami proses dan produk yang dilaporkan. Kemampuan ini harus terintegrasi dan fokus pada cara terbaik untuk mendukung strategi kompetitif perusahaan, seperti mengumpulkan data, pengukuran, analisis, dan meningkatkan aktivitas desain, perencanaan, dan pengendalian, sehingga akan mudah dilakukan pengambilan keputusan, dan penyelesaian masalah. Video pembelajaran Quality Engineering ini berlangsung selama kurang dari 2 jam dengan materi-materi yang telah disusun sedemikian rupa agar mudah dicerna, dipahami dan dipraktikkan. Diharapkan dari materi pembelajaran ini, semua materi dapat dipahami sebagai dasar dari Quality Engineering secara umum dan juga dalam Perusahaan agar dapat memelihara Sistem Manajemen Mutu untuk mengukur dan mengontrol kualitas dalam proses operasinya.

Course Topics

  1. Overview
  2. TalkSeries – Pengantar Pengendalian Mutu
  3. Beberapa Filosofi dan Dampaknya terhadap Kualitas – Bagian 1
  4. Beberapa Filosofi dan Dampaknya terhadap Kualitas – Bagian 2
  5. TalkSeries – Manajemen Kualitas: Praktik, Alat, dan Standar
  6. Dasar Konsep dan Teknik Statistik dalam Pengendalian dan Peningkatan Kualitas
  7. Pengendalian Proses Statistik Menggunakan Bagan Kendali
  8. Bagan Kendali untuk Variabel – Bagian 1
  9. Bagan Kendali untuk Variabel – Bagian 2A
  10. Bagan Kendali untuk Variabel – Bagian 2B
  11. Bagan Kendali untuk Atribut
  12. Analisis Kapabilitas Proses – Bagian 1
  13. Analisis Kapabilitas Proses – Bagian 2
  14. TalkSeries – Keandalan