Peran Microsoft Excel untuk Dunia Bisnis

Peran Microsoft Excel untuk Dunia Bisnis

Ms. Excel, Pengolahan Data Numeric, Formula, Function, Database, Grafik, Pivot

Author(s)

  • Eka Novianti, M.Ak.

The Managing Department

  • Pembelajaran Jarak Jauh Akuntansi

Category

  • Accounting

Language

Bahasa

Course Description

Microsoft Excel adalah aplikasi dengan antarmuka yang mudah dipelajari yang digunakan terutama dalam analisis dan pengolahan data numerik dengan menampilkan serangkaian angka yang dapat disajikan dengan lebih akurat dan rapi. Microsoft Excel dapat digunakan dalam mengolah perhitungan logika matematika seperti perkalian, pembagian dan perhitungan rata-rata, pembuatan grafik, tabel dan diagram, pembuatan laporan keuangan, laporan analisis nilai tukar, dan melakukan perhitungan secara otomatis menggunakan rumus dan fungsi yang tersedia.

Microsoft Excel sangat membantu dalam mengolah data transaksi bisnis, ditambah dengan kemampuan Microsoft Excel untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Tentunya semua manfaat Microsoft Excel dapat diperoleh jika pengguna memahami cara menggunakan aplikasi ini, termasuk mengoperasikan rumus dan fungsi yang tersedia di Microsoft Excel dengan benar.

Untuk usaha kecil menengah yang tidak memiliki anggaran untuk membeli sistem informasi akuntansi, Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengelola data transaksi keuangan bisnis. Microsoft excel dapat digunakan untuk memonitor data transaksi yang terjadi dalam bisnis seperti monitoring piutang usaha, hutang kepada pemasok, serta pembukuan transaksi kas dan bank. Pemilik dan manajemen bisnis juga dapat menggunakan Microsoft Excel dalam menghitung biaya operasional sehingga dapat membuat anggaran operasional lebih lanjut secara berkala. Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk menyusun laporan keuangan yang diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada mitra bisnis dan sebagai informasi keuangan bagi pihak yang membutuhkan seperti kantor pajak dan pemangku kepentingan, selain itu manajemen untuk memantau hasil operasi bisnis selama satu periode akuntansi dalam rangka untuk memanfaatkan dengan baik keuntungan yang diperoleh secara optimal dan juga untuk mengatasi segala kekurangan jika terjadi kerugian dalam usaha.

Course Topics

  1. Overview
  2. Mengenal Microsoft Excel
  3. Mengenal Formula dan Function Yang Umum Digunakan – Bagian 1
  4. Mengenal Formula dan Function Yang Umum Digunakan – Bagian 2
  5. Bekerja dengan Formula dan Function Tambahan
  6. Bekerja dengan Lookup Values Function
  7. Bekerja dengan If Function
  8. Bekerja dengan Grafik dan Diagram
  9. Mengenal Tabel Database – Bagian 1
  10. Mengenal Tabel Database – Bagian 2
  11. Menganalisa Data Dengan Pivot Table
  12. Pembukuan Akuntansi Sederhana Dengan Ms. Excel
  13. Mengelola Transaksi Piutang Dengan Ms. Excel