Pengenalan Metode Desain Program untuk Pemula

Pengenalan Metode Desain Program untuk Pemula

Menganalisis kebutuhan sistem dan merancang kebutuhan sistem menggunakan UML

Author(s)

  • Muhammad Amien Ibrahim, S.Kom, M.Sc

The Managing Department

  • Computer Science

Category

  • Development

Language

Bahasa

Course Description

Course ini mengajarkan siswa untuk memecahkan masalah menggunakan solusi bahasa yang independen dan merancang program dan sistem menggunakan pemodelan UML. Course ini mengajarkan tentang bagaimana memberikan rekomendasi solusi yang sesuai dengan logika yang terdapat pada sistem dengan mempertimbangkan kebutuhan sistemnya.

Course ini memuliki tujuan yaitu agar siswa diharapkan mampu menjelaskan persyaratan penulisan program, menggunakan pseudocode untuk menyelesaikan masalah, menganalisis kebutuhan suatu sistem, dan menyelesaikan desain sistem menggunakan UML. Ada beberapa topik untuk membantu siswa mencapai tujuan kursus ini seperti Input-Process-Output, Modules, Decision Structure and Boolean Logic, Repetition, dan Menu-Driven Programming. Pada materi UML, ada beberapa topik yang dibahas seperti Use Case Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram.

Di akhir course ini, mahasiswa akan mampu menganalisis kebutuhan sistem dan merancang kebutuhan sistem menggunakan UML. Salah satu manfaat setelah mempelajari kursus ini adalah siswa akan dapat menerapkan proses analisis di industri khususnya pada tahap awal pengembangan perangkat lunak dimulai dari perancangan program dengan menggunakan pseudocode sampai dengan perancangan sistem menggunakan UML.

Materi course ini terkelompokkan ke dalam dua bagian umum yang terbagi menjadi sebelas modul. Masing-masing materi akan disampaikan melalui video, kuis, dan slide. Siswa dapat menyelesaikan kursus dalam waktu dua bulan. Secara keseluruhan, materi dikumpulkan dari buku teks yang dilampirkan di setiap slide.

Course Topics

  1. Input, Process, Output
  2. Modules
  3. Decision Structure dan Boolean Logic
  4. Repetition
  5. Menu-Driven Programming
  6. Graphical User Interface
  7. Analysis Modeling
  8. Functional Modeling
  9. Structural Modeling
  10. Behavioral Modeling