Pengenalan Dasar eXtended Reality (XR)

Pengenalan Dasar eXtended Reality (XR)

eXtended Reality (XR), Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR)

Author(s)

  • Muhamad FajarS.Kom.,M.Kom

The Managing Department

  • Digital Content Development
  • Universitas
  • Knowledge System & Learning Product
  • Game Application and Technology

Category

  • Development

Language

Bahasa

Course Description

Dalam kursus ini, Anda akan mempelajari dasar-dasar eXtended Reality (XR), yang merupakan istilah yang mencakup Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR). Kursus ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknologi yang mendukung XR, seperti Head Mounted Displays (HMDs), serta penggunaan mesin game seperti Unity dalam pengembangan pengalaman imersif. Selain itu, Anda akan mempelajari pedoman pengembangan utama yang diperlukan untuk menciptakan aplikasi XR yang menarik dan berkualitas tinggi.

Seiring dengan materi teori, kita akan membahas aplikasi nyata dari XR di berbagai industri. Mulai dari sektor hiburan dan game, hingga bidang kesehatan dan pendidikan, XR telah merubah cara banyak organisasi beroperasi. Di akhir kursus, Anda akan dapat menjelaskan dengan jelas konsep-konsep kunci XR, memahami bagaimana teknologi ini diterapkan dalam dunia nyata, serta mampu merancang dan mengembangkan pengalaman XR yang berdaya guna.

Untuk mendukung pemahaman lebih lanjut, kita akan merujuk pada buku “100+ Amazing Ways Virtual, Augmented and Mixed Reality Are Changing Business and Society” karya Bernard Marr. Buku ini memberikan contoh nyata dari bagaimana XR telah mengubah berbagai sektor industri. Kasus-kasus inovatif yang dibahas akan memberikan Anda inspirasi dalam menciptakan proyek-proyek XR di masa depan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang Anda dapatkan dari kursus ini, Anda akan siap untuk mengambil peran penting dalam pengembangan teknologi XR di berbagai bidang.

Course Topics

  1. Overview
  2. eXtended Reality (XR)
  3. Memahami Realitas Virtual (VR)
  4. Pengembangan VR & Kasus Penggunaan
  5. Memahami Realitas Tertambah (AR)
  6. Pengembangan AR & Kasus Penggunaan
  7. Memahami Realitas Campuran (MR)
  8. Pengembangan MR & Kasus Penggunaan
  9. XR dan Pengembangan Game
  10. Desain dan Pengembangan XR
  11. Panduan Pengembangan XR