Pengantar Sistem Informasi Manajemen Proyek

Pengantar Sistem Informasi Manajemen Proyek

Proyek SIstem Informasi, Manajemen Proyek, Siklus Hidup Manajemen Proyek, Risiko Proyek

Author(s)

  • Ferdianto, S.Kom., M.MSI
  • RA Dyah Wahyu Sukmaningsih, S.T., M.Kom.

The Managing Department

  • School of Information Systems

Category

  • Business

Language

Bahasa

Course Description

Proyek sistem informasi adalah salah satu proyek besar yang melibatkan banyak orang, waktu yang panjang serta investasi uang yang besar. Manajemen proyek menjadi penting karena akan membantu organisasi mencapai tujuannya dan menyelaraskan proyek dengan strategi bisnis.

Dalam kursus ini, kita akan mempelajari dasar-dasar manajemen proyek dan khususnya dalam mengelola proyek sistem informasi. Kita akan mulai dengan dasar-dasar manajemen proyek dan yang terpenting bagaimana mengembangkan tujuan yang baik untuk proyek tersebut. Selanjutnya kita akan mempelajari atribut manajemen proyek dan cara mengelolanya. Kita juga akan mempelajari siklus hidup manajemen proyek mulai dari inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan penutupan. Di akhir kursus ini, Anda akan memahami konsep manajemen proyek dan membuat dokumen manajemen proyek.

Course ini dirancang dengan konsep yang tidak terlalu teoritis dan lebih praktikal sehingga dapat diterapkan pada proyek. Studi kasus dari proyek sistem informasi juga akan memberikan pemahaman lebih tentang bagaimana menerapkan manajemen proyek dalam proyek SI / SI

Meskipun ini adalah manajemen proyek sistem informasi, kursus ini dirancang untuk orang-orang yang baru mengenal manajemen proyek. Anda akan mempelajari manajemen proyek dari dasar. Anda juga mempelajari istilah dan jargon yang biasa digunakan dalam manajemen proyek.

Topik yang termasuk dalam kursus ini adalah pengantar manajemen proyek, kasus bisnis dan rencana proyek, ruang lingkup dan waktu proyek, risiko proyek, komunikasi proyek, dan perubahan proyek.

Course Topics

  1. Apakah yang dimaksud dengan Manajemen Proyek?
  2. Metodologi dan Proses Dalam Manajemen Proyek
  3. Mov (Measurable Organization Value)
  4. Business Case
  5. Rencana Proyek
  6. Ruang Lingkup dan Work Breakdown Structure (WBS)
  7. Jadwal Proyek
  8. Risiko Proyek
  9. Komunikasi Dalam Proyek
  10. Mengelola Perubahan Dalam Organisasi