Riset User Experience (UX) merupakan riset awal yang dilakukan sebelum desain UI/UX mulai membangun prototipe produk. Hal ini membantu desainer dan pengembang memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna dalam perancangan desain produk dan fitur-fiturnya. Tanpa penelitian pengguna, sebuah prototipe mungkin tidak mengatasi masalah pengguna, membuatnya kurang efektif atau bahkan tidak relevan. Untuk melakukan proses UX research, ada beberapa tahapan yang harus diikuti mulai dari menentukan ruang lingkup masalah hingga menghasilkan ide-ide konkrit bahkan mengecek hasil akhir prototipe sehingga dapat menciptakan produk yang maksimal dan user-centered. Pada pembelajaran ini akan dibahas mengenai proses UX yang terjadi dari tahap awal inisialisasi hingga tahap akhir desain produk digital berdasarkan metode design thinking yang diperkenalkan oleh pendiri IDEO, David Kelley, dan Tim Brown, yang telah digunakan oleh berbagai desainer produk internasional.
Siswa akan belajar bagaimana melakukan penelitian untuk mengumpulkan masalah, menentukan tantangan inti desain, menciptakan ide untuk memecahkan tantangan, membuat prototipe, dan melakukan pengujian kepada pengguna. Penyelesaian video MOOC memakan waktu kurang lebih 4 bulan. Video MOOC diharapkan dapat diubah dan disetujui dalam rentang waktu ini. Setelah mempelajari metode design thinking untuk mengimplementasikan penelitian UX yang efektif, siswa dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang prinsip dan praktik penelitian UX. Mereka akan belajar bagaimana melakukan riset pengguna, menganalisis data, dan menggunakan wawasan yang diperoleh untuk merancang produk yang memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Selain itu, mereka dapat mengharapkan untuk mengembangkan keterampilan dalam pengujian kegunaan, persona dan skenario pengguna, analisis data, dan komunikasi temuan penelitian.