Pemasaran Digital untuk UMKM

Pemasaran Digital untuk UMKM

Strategi Dasar Pemasaran Digital untuk UMKM

Author(s)

  • Dr. Dimas Yudistira Nugraha, S.S., M.M.

The Managing Department

  • Digital Content Development
  • Universitas
  • Knowledge System & Learning Product
  • BINUS @ Bandung Campus
  • Academic, Research and Student Devlpmnt Bandung
  • Creativepreneurship (BINUS @Bandung)

Category

  • Business
  • Marketing

Language

Bahasa

Course Description

Course ini menjelaskan tentang mengapa membangun bisnis penting, hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis, jenis-jenis bisnis yang dapat dijalankan, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membangun bisnis, mindset yang perlu dipertahankan dalam berbisnis, analisis bisnis perusahaan, analisis industri perusahaan, analisis lingkungan luar, merancang visi dan misi perusahaan, merancang bisnis agar sustain.

Estimasi waktu pelajar dapat menyelesaikan semua course ini yaitu 3 jam. Perinciannya yaitu pelajar dapat memahami semua video selama 1 jam. Masing-masing course memiliki durasi belajar dalam video yaitu: mengapa membangun bisnis penting (4 menit 36 detik), hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis (4 menit 38 detik), jenis-jenis bisnis yang dapat dijalankan (3 menit 42 detik), faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membangun bisnis (5 menit 57 detik), mindset yang perlu dipertahankan dalam berbisnis (7 menit 17 detik), analisis bisnis perusahaan (8 menit 10 detik), analisis industri perusahaan (7 menit 56 detik), analisis lingkungan luar (5 menit 36 detik), merancang visi dan misi perusahaan (7 menit 45 detik), merancang bisnis agar sustain (4 menit 39 detik). Sedangkan untuk pelajar menyelesaikan masing-masing quiz hingga akhir course diestimasikan selama 2 jam.

Setelah menyelesaikan course ini, pelajar dapat memahami prinsip-prinsip dan semua hal dasar mengenai bisnis. Dimulai dari mempersiapkan mental, mindset, strategi, dan menjaga bisnis agar sustain. Selain itu, melalui lecture note, pelajar mendapatkan pengetahuan tambahan dari materi yang telah disampaikan melalu video.

Course Topics

  1. Overview
  2. Pengenalan Pemasaran Digital untuk UMKM
  3. Strategi Pembangunan Brand melalui Media Sosial
  4. Pemanfaatan SEO dalam Meningkatkan Visibilitas Online
  5. Optimasi Situs Web untuk Kinerja Terbaik
  6. Email Pemarasan: Meningkatkan Komunikasi dan Penjualan
  7. Penggunaan Konten Berkualitas dalam Pemasaran Digital
  8. Google Ads: Menargetkan Pasar yang Tepat
  9. Analisis Data: Mengukur Kesuksesan Kampanye Digital
  10. E-Commerce: Mengintegrasikan Penjualan secara Online
  11. Keamanan Digital untuk Bisnis Online