Pemasaran Berkelanjutan: Paradigma Baru

Pemasaran Berkelanjutan: Paradigma Baru

Konsep Dasar dari Pemasaran Berkelanjutan

Author(s)

  • Annetta Gunawan, S.E., M.M.
  • Dr. Minsani Mariani, ST, MBA
  • Rosidah, S.Psi., MBA

The Managing Department

  • Global Business Marketing

Category

  • Marketing

Language

Bahasa

Course Description

Course ini diperuntukkan bagi peserta yang ingin mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mengenai Sustainability Marketing, mengenai cara bagaimana meningkatkan sustainable competitive advantage dan kesuksesan dalam bisnis yang berkelanjutan, baik dalam suatu perusahaan atau organisasi. Pembelajar akan mempelajari konsep dasar dari sustainable marketing. Target utama dari pelatihan ini adalah mereka yang ingin mempelajari tentang bagaimana kegiatan usaha/bisnis merespon tantangan sustainability yang ada sekarang ini. Materi akan disampaikan melalui 10 submodul yang mencakup pembahasan mengenai prinsip dasar sustainability marketing, dengan judul-judul sebagai berikut: 1) What is Sustainability?, 2) Sustainability Challenge, 3) Framing Sustainability Marketing, 4) Marketing in Context, 5) Elements of Sustainability Marketing, 6) Marketing The Sustainability, 7) Creating a More Sustainable Business, 8) Reframing Sustainability Marketing, 9) Sustainability and Consumption, 10) Consumer & Business Action to Promote Sustainable Marketing.

Peserta membutuhkan waktu kurang lebih 100 menit untuk dapat mempelajari modul ini, dan peserta akan diminta untuk mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan, agar dapat memastikan peserta memahami hal-hal penting dati materi yang ada.

Di akhir modul ini, peserta diharapkan mampu memahami prinsip-prinsip dasar dari sustainable marketing dalam konteks pasar saat ini. Sebagaimana diketahui bahwa sustainability marketing merupakan salah satu isu terkini yang penting dalam bisnis. Dengan menguasai modul ini, maka peserta akan memiliki bekal untuk dapat bersaing di dunia industri ke depannya karena mampu memberikan kontribusi bagi perusahaan tempat bekerja nantinya atau menerapkannya pada bisnis yang dibangun sendiri sebagai wirausaha.

Course Topics

  1. Apa itu Keberlanjutan?
  2. Tantangan dari Pemasaran Keberlanjutan
  3. Membingkai Pemasaran Keberlanjutan
  4. Marketing in Context
  5. Elemen Pemasaran Keberlanjutan
  6. Pemasaran Keberlanjutan
  7. Menciptakan Bisnis yang Lebih Berkelanjutan
  8. Membingkai Ulang Pemasaran Keberlanjutan
  9. Keberlanjutan dan Konsumsi
  10. Tindakan Konsumen & Pelaku Bisnis untuk Mempromosikan Pemasaran Berkelanjutan