Metode dan Teknik yang Digunakan dalam Pengalaman Pengguna

Metode dan Teknik yang Digunakan dalam Pengalaman Pengguna

User Experience (UX), Prototyping, UX Tools: Balsamiq & Marvel

Author(s)

  • Hanny Juwitasary, S.E., S.Kom., M.MSI., CBDMP
  • Lay Christian, S.Kom., M.MSI
  • Nuril Kusumawardhani Soeprapto Putri, S.T., M.K.M.
  • RA Dyah Wahyu Sukmaningsih, S.T., M.Kom.

The Managing Department

  • School of Information Systems

Category

  • Design

Language

Bahasa

Course Description

Materi ini dapat memberikan pemahaman terkait prinsip-prinsip dalam mendesain antar muka. User Experience (UX) merupakan pendekatan multidisiplin untuk memahami pengalaman pengguna dan proses desain interaksi. Kursus ini akan memperkenalkan siswa pada teori, metode dan teknik yang digunakan dalam pengalaman pengguna dan desain produk interaktif. Modul ini akan mencakup topik-topik seperti Esensi dalam mendesain pengalaman pengguna, pengumpulan data, desain antarmuka, konteks untuk mendesain UX, faktor manusia dalam UX, desain & pembuatan prototipe, dan evaluasi. Tujuan dari kursus ini adalah untuk memungkinkan siswa memahami teori, menganalisis desain UX, menerapkan Desain dalam prototipe baik dalam bentuk wireframe atau low fidelity prototype maupuh dalam bentuk high fidelity prototype.

Terdapat 10 modul dalam materi ini, yang meliputi teori-teori dari UX, serta tutorial penggunaan aplikasi Balsamiq Mockup dan juga Marvel. Teori dasar UX akan mendiskusikan mengenai prinsip dasar dari user experience, kemudian juga pembahasan mengenai jenis-jenis prototyping. Sedangkan, aplikasi Balsamiq berguna dalam pembuatan wireframe atau low fidelity prototype. Aplikasi Marvel sendiri, dapat digunakan dalam pembuatan high fidelity prototype. Kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang mudah untuk dipelajari namun dapat menghasilkan prototype dengan interaksi yang dapat diuji coba oleh target pengguna kita. Pengguna aplikasi ini dapat mendaftarkan secara gratis dan mencoba free trialnya selama sebulan untuk Balsamiq Mockup, sedangkan untuk Marvel tidak ada batasan kurun waktu dalam penggunanya. Hanya saja pengguna memiliki keterbatasan dalam jumlah project yang dihasilkan.

Course Topics

  1. Pengantar Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna
  2. Heuristik – Prinsip Desain yang Baik (Bagian 1)
  3. Heuristik – Prinsip Desain yang Baik (Bagian 2)
  4. Prototipe
  5. Low Fidelity
  6. Prototipe Digital
  7. Membuat Desain Prototipe menggunakan Balsamiq (Bagian 1)
  8. Membuat Desain Prototipe menggunakan Balsamiq (Bagian 2)
  9. Membuat Desain Prototipe menggunakan Marvel (Bagian 1)
  10. Membuat Desain Prototipe menggunakan Marvel (Bagian 2)