Merancang Desain Antarmuka Pengguna (UI) Menggunakan Figma

Merancang Desain Antarmuka Pengguna (UI) Menggunakan Figma

Merancang desain antarmuka aplikasi selular

Author(s)

  • Immanuela Puspasari Saputro, S.Si., M.T.

The Managing Department

  • Pembelajaran Jarak Jauh Computer Science

Category

  • Design
  • Web Development

Language

Bahasa

Course Description

User interface merupakan bagian penting dari sebuah aplikasi baik yang berbasis desktop, mobile, maupun berbasis web. User interface merupakan penghubung yang menungkinkan pengguna smartphone, tablet, atau desktop dapat berinteraksi dengan fitur, dan konten pada aplikasi. Dalam sejumlah penelitian, dikatakan tingkat pengguna user interface mewakili 50% dari keseluruhan pembuatan sistem. Hal ini membuktikan bahwa user interface merupakan poin penting yang mempengaruhi efektivitas aplikasi. Dalam membuat desain user interface yang baik perlu mempertimbangkan siapa target pengguna aplikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Selain harus memperhatikan estetika, user interface juga harus memiliki usability yang baik. Untuk mencapai kualitas yang baik, user interface suatu aplikasi perlu memiliki karakteristik lugas, ringkas, mudah dikenal, responsif, konsisten, dan menarik. Perkembangan teknologi saat ini, membuat desain user interface yang berkualitas lebih dimudahkan dengan adanya editor grafis yang membantu pekerjaan pada desainer salah satunya adalah Figma. Editor grafis Figma ini berbasis vector dan dapat digunakan di berbagai platform. Selain itu Figma sudah menyediakan berbagai pilihan font dan kelebihan lain dari Figma adalah cloud base sehingga memudahkan desainer yang harus berpindah perangkat tanpa harus menyalinnya terlebih dahulu.

Modul pembelajaran desain UI menggunakan Figma ini dikemas dalam bentuk video tutorial. Pembelajaran ini memberikan para peserta pengetahuan mengenai konsep desain sistem, bagaimana menggunakan user’s mind untuk membuat desain user interface yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan cara menggunakan editor grafis Figma dalam implementasinya.

Course Topics

  1. Ringkasan Modul
  2. Konsep dan Desain Antarmuka Pengguna
  3. Elemen-Elemen Dasar Desain Antarmuka
  4. Pengenalan Figma dan FigJam – Bagian 1
  5. Pengenalan Figma dan FigJam – Bagian 2
  6. Membuat Moodboard dan Persona – Bagian 1
  7. Membuat Moodboard dan Persona – Bagian 2
  8. Bekerja dengan Grid, Warna, dan Teks – Bagian 1
  9. Bekerja dengan Grid, Warna, dan Teks – Bagian 2
  10. Membuat Struktur Aplikasi Perangkat Selular
  11. Membuat Antarmuka Aplikasi Selular yang Responsif – Bagian 1
  12. Membuat Antarmuka Aplikasi Selular yang Responsif – Bagian 2
  13. Mengenal Interaksi Prototipe dan Animasi
  14. Membuat Prototipe dengan Smart Animation
  15. Membuat Tautan Prototipe – Bagian 1
  16. Membuat Tautan Prototipe – Bagian 2