Menguasai Desain UI / UX: Dasar dan Prinsip

Menguasai Desain UI / UX: Dasar dan Prinsip

Desain Pengalaman Pengguna

Author(s)

  • Panji Arisaputra, S.Kom, M.Kom.
  • Rezki Yunanda, S.Kom, M.Kom.

The Managing Department

  • Software Engineering

Category

  • Design

Language

Bahasa

Course Description

Pada kursus “Mastering UI/UX Design: Fundamentals and Principles” adalah program yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip dan teknik desain UI/UX kepada student. Selama kursus ini, student akan mempelajari konsep inti desain UI/UX dan belajar cara membuat User Interface yang berfokus pada user dan menarik secara visual. Dengan fokus pada teori dan aplikasi praktis, kursus ini memberikan peserta keterampilan yang diperlukan untuk mendesain User Experience yang luar biasa.

Materi Kursus:

Kursus dimulai dengan pengenalan tentang prinsip-prinsip dan pentingnya desain UI/UX. Student akan menjelajahi user research methods, persona development, dan user journey mapping untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku dan preferensi pengguna. Mereka akan mempelajari dasar-dasar information architecture, wireframing, dan prototyping untuk menciptakan User Interface pengguna yang intuitif dan efisien. Kursus ini juga mencakup topik seperti visual design principles, color theory, dan typography, yang memungkinkan peserta untuk menciptakan desain yang menarik secara visual dan konsisten.

Sepanjang kursus, student akan berpartisipasi dalam latihan dan proyek untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dan memperkuat keterampilan mereka. Mereka akan bekerja pada studi kasus dunia nyata untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang prinsip desain UI/UX. Pada akhir kursus, diharapkan student akan dapatĀ  menyelesaikan proyek desain UI/UX komprehensif yang memperlihatkan kemampuan mereka untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dengan efektif.

Course Topics

  1. Pengenalan Desain UI/UX (Bagian 1)
  2. Pengenalan Desain UI/UX (Bagian 2)
  3. Riset Pengguna dan Pengembangan Persona
  4. Pemetaan User Journey
  5. Arsitektur Informasi dan Wireframing
  6. Pembuatan Prototipe dan Desain Interaksi
  7. Prinsip Desain Visual
  8. Pengujian dan Evaluasi Kegunaan
  9. Merancang Aplikasi Seluler (Bagian 1)
  10. Merancang Aplikasi Seluler (Bagian 2)