Konsep Dasar Pemrograman Berbasis Objek

Konsep Dasar Pemrograman Berbasis Objek

Object Oriented Programming

Author(s)

  • RiccosanS.Kom., M.Kom.

The Managing Department

  • Digital Content Development
  • Universitas
  • Knowledge System & Learning Product
  • BINUS @ Bandung Campus
  • Academic, Research and Student Devlpmnt Bandung
  • Computer Science (BINUS @Bandung)

Category

  • Development

Language

Bahasa

Course Description

Materi pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dari konsep dasar untuk proses pemrograman yang menerapkan logika berbasis objek dalam pengembangan suatu aplikasi. Materi ini terdiri atas 11 buah model pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan pemrograman berbasis objek, penjelasan konsep objek dan kelas di dalam pemrograman, beberapa teknik untuk pemrograman berbasis objek, hingga bagian akhir berupa analisa kasus dan bentuk praktik terbaiknya di dalam projek informasi teknologi.

 

Materi pembelajaran ini tidak mengharuskan anda untuk memiliki pemahaman yang kuat mengenai teknik pemrograman dengan bahasa apapun karena ini merupakan salah satu bagian dari materi konsep dasar teknik pemrograman yang bisa diterapkan dengan bahasa C/C++/Java/Python/bahasa pemrograman lainnya. Khusus untuk pada modul pembelajaran ini, contoh-contoh akan ditampilkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Apabila anda telah memiliki pemahaman mengenai logika dasar alur pemrograman dan cara untuk membaca sintaks/pola pemrograman, maka hal tersebut akan mempermudah anda dalam memahami teori yang akan disampaikan pada modul pembelajaran ini dengan beberapa contoh pemrograman.

Internet of Things, tentunya sangat terkenal dengan adanya perekaman data parameter di suatu lingkungan menggunakan sensor, yang data tersebut dikirimkan ke suatu platform Internet of Things. Sehingga berdasarkan data yang telah disimpan pada platform tersebut, mikrokontroler dapat mengaktifkan suatu aktuator yang tepat sesuai dengan data parameter sensor yang telah direkam dan diproses sebelumnya. Pada modul ini telah tersedia pemahaman mengenai Sensor dan Aktuator yang dapat dengan mudah digunakan pada simulator, lalu dilanjutkan dengan pemahaman mengenai platform IoT yang digunakan untuk menyimpan dan menampilkan atau menvisualisasikan data hasil rekam sensor yang dikirimkan oleh mikrokontroler melalui protokol HTTP, serta pemahaman untuk mengirimkan data dari platform IoT ke mikrokontroler agar dapat menggerakkan suatu aktuator

Pada akhir sesi dimodul ini, kita akan mengerjakan proyek berbasis internet of things pada dunia nyata dengan memanfaatkan berbagai sensor dan aktuator untuk lebih memberikan pemahaman anda mengenai internet of things.

Sehingga modul ini sangat cocok, bagi anda yang sangat tertarik untuk mempelajari internet of things namun bingung harus belajar mulai dari mana dan tidak memiliki perangkat fisiknya.

Course Topics

  1. Pendahuluan Pemrograman Berbasis Objek
  2. Konsep Dasar Pemrograman Berbasis Objek
  3. Kelas dan Objek
  4. Enkapsulasi (Encapsulation)
  5. Pewarisan (Inheritance)
  6. Polimorfisme (polymorphism)
  7. Abstraksi (abstraction)
  8. Interaksi Antar Objek
  9. Desain dan Perancangan Kelas
  10. Penerapan Konsep Pemrograman Berbasis Objek Di Dalam Projek Perangkat Lunak
  11. Analisa Kasus dan Praktik Terbaik