Konsep Dasar Manajemen Strategis

Konsep Dasar Manajemen Strategis

Konsep dasar, prinsip-prinsip serta isu-isu terkait dengan manajemen strategis dan digital transformasi bisnis

Author(s)

  • Nur Damayanti, B.INT.AFF.MGT (Hons), MHRM, Ph.D

The Managing Department

  • Management

Category

  • Business

Language

Bahasa

Course Description

Digital konten manajemen strategis ini mempelajari tentang konsep dasar, prinsip-prinsip serta isu-isu terkait dengan manajemen strategis dan digital transformasi bisnis. Manajemen strategi menjelaskan proses pengambilan keputusan dalam suatu dinamika perusahaan /organisasi, melakukan analisis lingkungan strategi, penerapan tahapan manajemen strategi (formulasi, implementasi, pengendalian dan evaluasi strategis).

Digital konten ini berisikan 10 sesi konten terkait dengan manajemen strategis dimana setiap sesinya berdurasi 5 – 10 menit. Susunan materi lengkap digital konten ini per sesinya sebagai berikut:

  1. Konsep dasar manajemen strategis
  2. Pemindaian lingkungan dan analisis industri
  3. Analisis organisasi dan keunggulan kompetitif
  4. Nilai bisnis
  5. Strategi bisnis
  6. Strategi korporat
  7. Strategi fungsional
  8. Strategi global
  9. Bagaimana merencanakan tempat kerja digital
  10. Struktur organisasi

Tujuan dari digital konten ini adalah supaya pelajar dapat memahami, menganalisis dan mengaplikasikan konsep dasar, prinsip dan isu-isu yang terjadi di perusahaan dalam mencapai tujuan jangka panjang. Melakukan analisis kondisi kapabilitas internal perusahaan. Menilai lingkungan eksternal, faktor persaingan, dan faktor kontekstual perusahaan. Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang ditentukan secara efektif dan efisien. Menganalisis sumber daya perusahaan. Mengidentifikasi pilihan yang menguntungkan berdasarkan misi perusahaan.

Penerapan dari manajemen strategi dapat membuat manajemen perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman eksternal (ancaman dari luar). Setidaknya manajemen strategi juga dapat mencegah timbulnya berbagai macam masalah, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan.

Course Topics

  1. Overview
  2. Konsep Dasar Manajemen Strategis
  3. Pemindaian Lingkungan dan Analisis Industri
  4. Analisis Organisasi dan Keunggulan Kompetitif
  5. Nilai Bisnis
  6. Strategi Bisnis
  7. Strategi Korporat
  8. Strategi Fungsional
  9. Strategi Global
  10. Bagaimana Merencanakan Tempat Kerja Digital
  11. Struktur Organisasi