Konsep Dasar dalam Membuat Desain Game

Konsep Dasar dalam Membuat Desain Game

Konsep Dasar dan Implementasi Desain Game

Author(s)

  • Dimas Ramdhan, S.Kom, M.Kom.

The Managing Department

  • Game Application and Technology

Category

  • Development

Language

Bahasa

Course Description

Dalam Course Game Design ini akan mempelajari teori dan fundamental game design hingga implementasi dan pembuatan secara langsung game design document. Untuk teori dan fundamental game design akan mempelajari teori-teori dasar yang dibutuhkan dan harus dipahami sebelum membuat game design document dalam course ini juga akan membahas beberapa misconception tentang jobdesk Game Designer. Sedangkan untuk materi implementasi akan mempelajari secara langsung pembuatan game design document dengan templat dari Unity 3D. Course ini memiliki bebarapa module seperti Designing and Developing Games yang memperlajari tentang Key Component dari Game Design dan jenis jenis game design document, Money from Game yang akan mempelajari sumber pendapatan dan market untuk merilis game, Creating and Validating Idea yang akan mempelajari teknik research untuk memvalidasi ide, Choosing The Genre yang akan mempelajari cara dalam menentukan genre dari sebuah game, Game Style and Target Audience yang akan mempelajari jenis-jenis dari target user, User Experience and User Interface yang akan mempelajari tampilan visual dalam game, Types of Design Documents yang akan mempelajari lebih lengkap jenis-jenis document dalam game design document, Game Design Flowchart yang akan mempelajari pembuatan Flowchart menggunakan web, Game Design Flowboard yang akan mempelajari pembuatan Flowboard menggunakan Figma dan terakhir adalah Creating Game Design Document yang akan mempelajari secara langsung pembuatan game design document dari salah satu game mobile terkenal. Buku yang digunakan dalam course ini adalah, Fundamentals of Game Design Third Edition yang di Tulis oleh Ernest Adams.

Course Topics

  1. Merancang dan Mengembangkan Game
  2. Pendapatan dari Game
  3. Membuat dan Memvalidasi Ide
  4. Memilih Genre
  5. Gaya Game dan Target Audiens
  6. Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna
  7. Jenis Dokumen Desain
  8. Flowchart Desain Game
  9. Flowboard Desain Game
  10. Membuat Dokumen Desain Game