Dasar Pengembangan Game menggunakan Unity

Dasar Pengembangan Game menggunakan Unity

Dasar pembuatan game dari sisi game programming melalui implementasi pembuatan game Flappy Bird sederhana

Author(s)

  • Francisco Maruli Panggabean, S.Kom., M.TI.

The Managing Department

  • Game Application and Technology

Category

  • Development

Language

Bahasa

Course Description

Dalam Course Game Programming ini akan mempelajari tentang dasar pembuatan game dari sisi game programming melalui implementasi pembuatan game Flappy Bird sederhana. Sebelum mengikuti course ini, diharapkan peserta sudah mengerti cara pengoperasian software Unity dan dasar Bahasa pemrograman, khususnya yang berbasis Object Oriented Programming. Untuk implementasi Flappy Bird, bisa menggunakan asset yang disediakan ataupun menggunakan asset sendiri. Course ini memiliki modul seperti pengenalan project, pembuatan project, dan penentuan target platform. Hal ini perlu dipelajari karena hasil game yang dibuat harus disesuaikan dengan target platform yang dituju. Selain itu, ada juga modul Import Asset, Memasukkan Sprite, dan UI untuk mempelajari cara memasukkan asset kedalam project dan menggunakannya untuk UI. Pada Unity, UI akan dibuat menggunakan system Canvas. Selain itu, sprite juga akan digunakan sebagai karakter Flappy Bird dan rintangan yang ada. Sisa modul yang ada akan membahas tentang gameplay dan system game. Modul Game Manager akan membahas tentang cara mengatur alur game mulai dari awal permainan sampai game over. Setelah mengatur alur permainan, peserta juga akan mengendalikan UI dengan mengganti skor yang ditampilkan agar sesuai dengan skor yang dimiliki saat ini. Modul Aksi Melompat dan Kontrol Gravitasi akan membahas mekanisme pergerakan Flappy Bird agar dapat melompat dan menghindari rintangan. Pada modul Skor dan Mengulang Permainan, peserta akan mempelajari cara game untuk mengulang stage yang ada agar pemain dapat bermain Kembali.

Course Topics

  1. Overview
  2. Membuat Project & Menentukan Target Platform
  3. Import Asset
  4. Memasukkan Sprite kedalam Hirarki
  5. User Interface
  6. Game Manager
  7. Mengendalikan User Interface
  8. Aksi Melompat
  9. Kontrol Gravitasi
  10. Rintangan dan Game Over
  11. Pergerakan Rintangan
  12. Skor dan Variasi Rintangan
  13. Update Skor dan Mengulang Permainan