Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis

Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis

Business Plan

Author(s)

  • Dr. Andi Wiliam, S.Si., M.M.
  • Dr. Ika Suhartanti Darmo, SE., MM
  • Selly Novela

The Managing Department

  • Digital Content Development
  • Universitas
  • Knowledge System & Learning Product
  • Business Creation

Category

  • Business
  • Business & Economics

Language

Bahasa

Course Description

Mata kuliah ini memberikan penjelasan mengenai tahapan dalam proses membangun bisnis, yang dimulai dari tahap penjelasan pentingnya membuat rencana bisnis, juga penjelasan mengenai isi dari rencana bisnis pada umumnya. Peserta juga diajak untuk melihat kondisi lingkungan eksternal, baik secara makro maupun mikro, yaitu di lingkup industri, dimana mereka diharapkan mampu mengidentifikasi seberapa besar peluang yang ada di industri beserta kondisi persaingan di dalamnya. Lingkungan mikro juga mencakup perusahaan yang akan atau sedang dijalankan. Dalam hal ini pelaku usaha melakukan identifikasi terhadap kapabilitas internal perusahaan, berupa kekuatan dan kelemahan, serta pengaruh eksternal yang bisa menjadi peluang dan ancaman. Selanjutnya peserta juga harus mampu melakukan analisa terhadap market agar dapat mengenali potensinya, serta mengenali kompetitor terutama di bisnis yang sejenis.

Memetakan rencana bisnis secara singkat ke dalam model bisnis menjadi hal yang penting, karena semua aspek baik internal maupun eksternal perusahaan, baik dari sisi operasional, sumber daya, pemasaran, dan keuangan digambarkan secara singkat.

Perencanaan bisnis pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu: analisa aspek marketing dan analisa financial. Untuk itu peserta akan diajarkan untuk membuat perencanaan pemasaran dan perencanaan keuangan secara sederhana, namun dapat memberikan gambaran rencana bisnis yang baik.

Hasil akhir dari pembelajaran ini diharapkan peserta dapat membuat laporan rencana bisnis yang komprehensif, sebagai pedoman untuk menjalankan atau mengembangkan bisnisnya.

Course Topics

  1. Ringkasan Materi
  2. Mengapa Harus Membuat Rencana Bisnis
  3. Analisa Lingkungan Luar (Analisa Makro)
  4. Analisa Industri (Analisa Mikro) dan Analisa Perusahaan
  5. Analisa Pasar
  6. Analisa Kompetitor
  7. Penyusunan Model Bisnis
  8. Perencanaan Operasional
  9. Perencanaan Pemasaran
  10. Perencanaan Keuangan
  11. Laporan rencana bisnis