Branding 101 – Perancangan Visual Elemen Branding

Branding 101 – Perancangan Visual Elemen Branding

Branding dari kacamata DKV atau desain komunikasi visual

Author(s)

  • Adrianto, S.Ds., M.Ds.

The Managing Department

  • Visual Comm Design (BINUS @Bandung)

Category

  • Design
  • Marketing

Language

Bahasa

Course Description

Course ini memberikan fundamental knowladge tentang Branding dari kacamata DKV atau desain komunikasi visual. Pemirsa akan disajikan materi-materi terkait bagaimana merancang konseptual sebuah branding. Bagaimana menggunakan elemen-elemen visual sebagai alat mengkomunikasikan pesan dari produk atau perusahaannya. Dengan memahami konsep fundamental dari elemen-elemen visual ini maka diharapkan pemirsa dapat memahami konsep-konsep dasar dari branding dalam konteks DKV. Adapun materi yang akan disampaikan pada course ini akan membahas konseptual elemen dasar sebuah design seperti bentuk, warna, dan bagainama hubungannya dalam membangun sebuah citra perusahaan atau produk. Maupun bentuk yang lebiih konrit dari design seperti konsep Logo, Monogram, Tagline, Jingle maupun referensi dari packaging dan iklan pada media cetak maupun elektronik.

Course ini akan disampaikan melalui bentuk medium audio visual dalam format MP4 dalam qualitas HD. Course ini terdiri dari sepuluh (10) video yang dibawakan oleh dosen-dosen dari prodi DKV Binus Bandung. Dengan pengalaman mengajar pada mata kuliah DKV yang berkenaan dengan komunikasi dalam Branding maupun pengalaman dalam dunia praktisi dalam mengaplikasikan pengetahuannya dalam kegiatan professional, diharapkan akan memberikan pemahaman yang cukup kepada para pemirsa. Video ini juga memberikan contoh-contoh dalam bentuk gambar sehingga pemirsa mendapatkan gambaran konrit terhadap konsep-konsep yang intangible. Sehingga para pemirsa dapat memahami materi yang disampaikan oleh para pengajarnya.

Course Topics

  1. Sejarah Branding
  2. Brand Hard Attribute (Aspek Berwujud)
  3. Brand Soft Attribute (Aspek tidak Berwujud)
  4. Brand Essence
  5. Brand Identity I
  6. Brand Identity II
  7. Brand Identity I
  8. Branding – Logo
  9. Branding – Visual Identity
  10. Personal Branding