Menggali Lebih Dalam Profesi Konsultan Public Relations

Kaylana Timurkara

 

Mungkin bagi orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia public relations, sudah tidak merasa asing ketika mendengarkan profesi konsultan public relations. Namun tidak dapat dipungkiri, masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami konsultan public relations. Apa sih konsultan public relations itu? Memiliki aktivitas dan tugas seperti apa? Jadi konsultan public relations memiliki peran untuk membantu sebuah organisasi atau perusahaan dalam mengkomunikasikan image-nya kepada publik atau mengkomunikasikan terkait bagaimana sebuah perusahaan ingin dilihat oleh publik. Konsultan public relations membantu sebuah perusahaan untuk membangun, membentuk atau bahkan memperbaiki reputasi dan citra-nya. Konsultan public relations memilih dan melaksanakan strategi yang tepat terkait bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan publik, menentukan langkah-langkah apa yang harus diambil agar tepat sasaran.

Tidak hanya itu, konsultan public relations juga dapat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas public terhadap sebuah perusahaan. Atau bisa juga, dimana konsultan public relations memberikan konsultasi kepada public relations internal perusahaan untuk membenahi strategi komunikasi milik perusahaan yang kurang tepat, agar terciptanya opini public sesuai dengan tujuan perusahaan. Konsultan public relations mengatur ulang strategi yang dimiliki perusahaan sebagai hasil evaluasi jika respons oleh masyarakat terhadap perusahaan tidak sesuai dengan tujuan awal perusahaan. Jadi tugas dari konsultan public relations ini tidak hanya mengikuti apa kemauan dari perusahaan, tidak hanya mengikuti alur yang telah ditentukan perusahaan. Karena memiliki kata konsultan, maka konsultan public relations memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan ketika program atau kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perusahaan memiliki kemungkinan untuk kurang memberikan hasil yang optimal. Misalnya ketika perusahaan I ingin melakulan branding seperti A, namun ketika konsultan public relations mempelajari rencana aktivitas branding yang dimiliki perusahaan I tersebut dan ternyata menurut konsultan rencana tersebut dirasa tidak tepat sasaran, maka konsultan public relations akan mengoreksi rencana tersebut dan memberikan ide atau saran, agar aktivitas branding tersebut lebih tepat sasaran.

Sampai saat ini jasa konsultan di Indonesia hanya sebagian masyarakat yang mengetahui dan memahami. Namun dalam dunia bisnis jasa konsultan sangat berperan penting, karena tidak semua perusahaan memiliki divisi public relations atau mungkin kurangnya rasa percaya perusahaan terhadap management serta keefektifan public relation. Terdapat beberapa hal yang dijadikan dasar oleh perusahaan untuk mempertimbangkan menggunakan layanan jasa konsultan public relations, beberapa hal tersebut adalah

  • Perusahaan membutuhkan jasa seseorang atau sekelompok orang untuk mengelola program, dimana program tersebut hanya berjangka pendek atau bersifat sementara. Karena program yang bersifat sementara ini perusahaan akan menggunakan jasa konsultan public Jadi jasa konsultan public relations diperlukan ketika perusahaan memiliki program dalam jangka waktu yang singkat.
  • Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang profesional serta solid dan bermoral ketika terjadi crisis pada perusahaan dan biasanya jasa konsultan public relations mampu untuk menghadirkan sebuah tim yang berisikan sumber daya manusia yang dapat bekerja secara profesional untuk menyelesaikan crisis atau kendala yang dialami perusahaan demi memperbaiki dan meningkatkan citra dan reputasi perusahaan
  • Perusahaan membutuhkan seseorang atau sekelompok orang untuk mengerjakan suatu program atau pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh para karyawan perusahan Terkadang terdapat perusahaan yang tidak memiliki seluruh skill yang dibutuhkan dalam bidang bisnis. Dan terkadang terdapat suatu skill yang mengharuskan perusahaan untuk mendatangkan dan menggunakan jasa untuk melengkapi kebutuhan perusahaan tersebut dan tercapainya tujuan perusahaan. Atau terkadang sebuah perusahaan membutuhkan skill tertentu hanya pada wkatu-waktu tertentu, sehingga skill tersebut tidak diperlukan dalam jangka panjang atau tidak dibutuhkan secara rutin.
  • Karena layanan jasa konsultan public relations tidak mudah terimbas kepentingan tertentu, maka ketika perusahaan menggunakan layanan jasa tersebut, objektivitas sebuah strategi atau program atau pekerjaan dapat meraih angka yang tinggi

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia industri saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang profesional dalam bidang public relations. Saat ini konsultan public relations tidak hanya berkecimpung di dunia bisnis, namun juga mulai masuk atau bahkan sudah masuk ke dunia politik bahkan sampai ke dunia entertaiment atau hiburan. Karena mulai menjamurnya konsultan public relations saat ini di berbagai daerah di Indonesia, menjadi bukti nyata bahwa dalam strategi komunikasi terutama dalam membangun image atau citra, untuk mencapai tujuan tersebut dalam waktu yang singkat mulai sangat dibutuhkan banyak orang atau perusahaan. Dengan enjamurnya konsultan public relations ini tentu saja memunculkan kompetisi antar-konsultan public relations. Dimulai dengan para konsultan public relations akan bersaing atau saling berkompetisi mereka untuk memenangkan sebuah proyek dari klien. Selain para konsultan public relations saling berkompetisi, di sisi lain dalam industri public relations kedepannya akan muncul masalah secara terus-menerus, sehingga para konsultan public relations diharapkan selalu membenahi diri dari sebelumnya untuk memastikan layanan yang diberikan kepada klien merupakan layanan yang berkualitas dan dapat mempertahankan kualitas terbaiknya.

Artikel mendapat Juara Harapan 1 pada Lomba Menulis Artikel IMOGEN Public Relations (Consulting Agency)

Kaylana Timurkara