Strategi Bisnis Akomodasi Saat Pandemi
Pandemi COVID-19 berpengaruh besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Bisa dibilang dua tahun terakhir menjadi salah satu tantangan terbesar bagi para pelaku industri akomodasi wisata atau perhotelan di Indonesia, untuk dapat terus bertahan di tengah pandemi. Bagaimana tidak, menurut data dari Buku Tren Pariwisata 2021, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk Indonesia pada bulan Februari 2020 menurun drastis. Bahkan jumlahnya pun terus menurun hingga puncaknya terjadi di bulan April 2020, yang hanya ada 158 ribu wisatawan mancanegara datang ke Indonesia.
Bukan itu saja, pada 2019 hingga 2020, kunjungan wisatawan nusantara pun turun 30%. Kondisi ini pun mengakibatkan hampir 1,58 juta pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak pandemi COVID-19. Penurunan tersebut sangat berdampak pada okupansi hotel di Indonesia.
Adapun beberapa strategi yang sedikit akan membantu antara lain :
- Pivoting
Pivoting sendiri adalah strategi dengan mengedepankan inovasi inovasi baru yang berbeda dengan bisis model terdahulu dengan menggunakan fasilitas yang telah dimiliki. Artinya , hotel diharapkan dapat memberikan layanan lain selain kamar untuk menyiasati occupancy rate yang turun. Contoh nya seperti memberikan layanan wedding untuk memanfaatkan meeting room yang telah dimiliki hotel dan juga dapat mengisi kamar yang konsong untuk bonus bagi pembeli program wedding.
- Potitioning
Dalam hal ini , hotel diharpkan tidak terpaku pada bisnis model sebagai penyedia jasa kamar atau penginapan saja. Sama hal nya dengan pivoting , hotel harus mampu berinovasi dengan kehidupan masyrakat disaat pandemi seperti menyediakan program untuk staycation ataupun work from hotel.
- Contacless Experiences
Pandemic memaksa masayrakat untuk menghindari sentuhan fisik agar penyebaran virus dapat ditekan. Hotel harus mampu membaca peluang ini dengan menggunakan teknologi teknologi agar tamu tidak melakukan kontak dengan ornament ornament hotel seperti penggunaan smart key pada pintu hotel , Booking dan Checkinn Online , hingga memperbanyak konsentrasi pelayanan pada ruangan terbuka atau outdoor.