ORIENTASI MANAJEMEN PEMASARAN
Pada suatu perusahaan atau usaha, terdapat tiga pilar yang harus diperhatikan oleh seorang entrepreneur, yaitumarketing, operations dan finance. Marketing atau pemasaran adalah ujung tombak dari suatu usaha. Mengapa demikian? Karena marketing membuka pintu untuk semua divisi dan membuat dapur dari suatu usaha bisa beroperasi sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Konsumen tidak dapat menjangkau produk jika nilai dari produk tidak tersampaikan dengan baik kepada konsumen.
Orientasi marketing berkonsep pada 4P atau yang biasa disebut dengan strategi marketing. 4P diantaranya adalah product, price, place, dan promotion. Product adalah jantung dari strategi pemasaran. Semua aktivitas pemasaran bermula dari produk. Produk mencakup seluruh aspek berwujud maupun tidak berwujud seperti layanan, ide, organisasi, maupun kepribadian. Price adalah jumlah yang harus ditukar oleh konsumen untuk menerima penawaran produk atau jasa. Dengan harga, konsumen dapat mengetahui kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan. Jika produk atau jasa yang ditawarkan memiliki harga yang tinggi, maka dapat dikatakan produk atau jasa tersebut berkualitas.
Place adalah lokasi atau tempat yang dijadikan sebagai wadah untuk menawarkan produk maupun jasa. Tempat atau lokasi merupakan salah satu faktor penentu bisnis Anda. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang sesuai dengan target pasar dari produk atau jasa yang ditawarkan. Terkahir, prmotion. Promotion adalah segala aktivitas yang dilakukan untuk menyampaikan nilai dari produk atau jasa kepada konsumen. Hal ini menjadi kunci utama untuk membuat produk atau jasa dikenal oleh konsumen. Aktivitas promosi dilakukan secara efektif dan sesuai dengan produk maupun jasa yang dibuat. Pada bagian ini akan membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan P lainnya, karena akan dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dan menggunakan bantuan media.
Penting bagi seorang entrepreneur untuk memperhatikan strategi ini, karena jika semuanya dikombinasikan dengan baik maka akan menghasilkan koordinasi strategi promosi yang tepat untuk produk dan meminimalisir kegagalan usaha.
Referensi:
William G. Nickels, James M. McHugh, and Susan M. McHugh. 2016.Understanding Business, eleventh Edition. Mc Graw Hill.