Mengapa Pemasaran Organik Ada dan Bagaimana Menambahkannya ke Strategi Anda?

Apa masalah besar dengan organik? Anda boleh memiliki pendapat sendiri tentang produk makanan, tetapi dalam pemasaran, jawabannya cukup jelas. Pemasaran organik adalah caranya. Tapi apa itu pemasaran organik dan apa bedanya dengan pemasaran sosial berbayar?

Apa itu Pemasaran Media Sosial Organik?

Media sosial organik adalah penggunaan layanan dan alat gratis yang disediakan setiap platform media sosial kepada penggunanya. Tujuan media sosial organik adalah untuk membangun komunitas pengikut dan pelanggan setia dengan memposting konten yang relevan dan berinteraksi dengan mereka yang berkomunikasi dengan merek Anda. Pemasaran media sosial organik adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada pelanggan nilai dan budaya Anda yang sebenarnya, sambil juga belajar tentang nilai-nilai pelanggan Anda. Dengan memanfaatkan optimasi corong untuk mengubah lalu lintas organik menjadi pembelian.

Pemasaran media sosial organik memiliki tingkat lead-to-close 100% lebih tinggi daripada pemasaran berbayar. Ini karena merek dan pelanggan diberi kesempatan untuk belajar tentang satu sama lain secara bersamaan saat mereka berinteraksi di platform media sosial. Ini dilakukan dengan upaya organik seperti menjawab pertanyaan, memberikan atau menanggapi umpan balik, atau sekadar memulai percakapan tentang merek Anda.

Gunakan Emoji untuk Meningkatkan Keterlibatan?

Emoji telah menjadi bagian yang diterima dari kosakata online kami dan merupakan cara yang baik untuk membumbui salinan sosial Anda. Emoji adalah cara untuk memanusiakan merek Anda serta mengekspresikan ide kompleks dalam lebih sedikit karakter sehingga Anda dapat terlibat lebih banyak di platform seperti Twitter. Mereka membantu Anda menarik lebih banyak perhatian dengan menyampaikan emosi dan ide umum di sekitar postingan bahkan sebelum seseorang sempat membacanya.

Manfaatkan Meme!

Meme telah mengambil alih media sosial. Selain itu, Anda bisa mendapatkan gelar hari ini dalam “memeologi” yang berkaitan dengan jiwa manusia.

Meme adalah perilaku budaya yang menyebar dari orang ke orang melalui peniruan. Itu memberi mereka viralitas alami yang dapat digunakan bisnis. Dengan memainkan nostalgia, humor, dan imitasi memungkinkan pertumbuhan organik melalui penyebaran berbagai iterasi dari meme yang sama. Ini baru-baru ini terlihat di meme Nike yang tersebar di seluruh Facebook setelah penjemputan Colin Kaepernick sebagai kesepakatan dukungan.

Gunakan Penargetan untuk Mencapai Potensi Organik Maksimum Dalam media sosial, ada banyak cara untuk mengoptimalkan penargetan Anda secara organik. Meskipun membayar untuk pemasaran media sosial bisa efektif, menyesuaikan penargetan pada posting Anda dapat meningkatkan jangkauan organik Anda. Dalam Facebook dan Twitter, Anda dapat menyesuaikan posting Anda untuk menargetkan kriteria berikut: jenis kelamin, hubungan, status, tingkat pendidikan, usia, lokasi, bahasa, minat, dan tanggal akhir posting. Dengan tersedianya atribut penargetan ini, Anda dapat menargetkan audiens dengan lebih baik sehingga orang yang tepat dapat melihat konten Anda.

Pemasaran Organik & Pemasar

Di era persaingan, tagihan dolar, dan keterlibatan robot saat ini, pemasaran organik menjadi semakin penting untuk membantu Anda menonjol di antara pesaing lainnya. Dengan menciptakan pengalaman bagi pengguna, Anda memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk menarik pelanggan baru dan menghasilkan lebih banyak penjualan karena hubungan telah dibangun dengan cara yang non-invasif. Menggabungkan aktivitas ini dengan upaya berbayar akan menghasilkan lebih banyak pertumbuhan organik dari mulut ke mulut karena iklan berbayar Anda dibicarakan oleh pelanggan baru kepada pengguna yang sudah terlibat. Pengguna dengan pengalaman positif ini akan menyampaikannya dan melanjutkan proses ini.

RIEFKY PRABOWO, SE., MBA.